Rabu, 08 September 2010

Bagian Depan dan Belakang Komputer



Bagian dari komputer yang kebanyakan dianggap orang sebagai 'komputer' adalah sebuah kotak yang memuat sebagian komponen yang membentuk sebuah komputer (PC). Tutorial kali ini akan menjelaskan fungsi dari beberapa komponen / konektor yang terlihat dari luar 'kotak'. Untuk komponen di dalam akan dijelaskan pada tutorial berikutnya.

Pada gambar berikut, Anda dapat melihat dasar bagian depan komputer. Hanya memiliki satu optical drive (drive yang menggunakan laser untuk membaca data dari media) dan tidak ada slot disket (komputer keluaran baru lebih banyak tidak memiliki floppy drive). Area di bawah floppy drive, anda dapat melihat terdapat sebuah tombol oval besar. Itu adalah sebuah saklar power yang digunakan untuk menghidupkan komputer. Tombol lebih kecil di bawah tombol power button adalah tombol reset (hanya untuk digunakan dalam kasus tertentu). Pada beberapa komputer yang adalah tombol reset tidak diperlukan. Apabila diperlukan reset anda dapat menekan tomblo tersebut selama 5 detik. (1)


Seperti telah disebutkan di atas fungsi tombol “Power” dan “Reset”, Pada jenis computer yang lain mempunyai kode yang universal untuk menunjukkan tombol tersebut. Pada gambar berikut, anda dapat melihat bagian depan dari komputer yang berbeda. Tombol power yang ditandai dengan 0 / 1 dan tombol reset ditandai dengan segitiga dalam sebuah lingkaran.(2)


Panel Lampu / Indikator

Disebelah kanan dan kiri tombol power anda dapat melihat dua indikator LED. Indikator kiri adalah indikator aktivitas hard drive. Indikator ini akan menyala bila komputer ini mengakses harddisk (dalam gambar contoh sedang tidak menyala). Di sebelah kanan tombol power anda melihat indicator power meyala (hijau). Indikator ini akan menyala bila komputer dinyalakan. Komputer ini menggunakan warna merah dan hijau sebagai warna LED indikator untuk power dan reset namun hal itu akan bervariasi antara satu produsen dengan lainnya.

Panel Saklar Bagian Belakang

Bagian belakang komputer bisa terlihat sangat membingungkan bagi yang tidak memahaminya namun sebenarnya sangat sederhana. Di bagian atas komputer ini, anda dapat melihat kabel sumber listrik yang terhubung ke power supply komputer yang mengubah listrik tegangan Induk 115VAC/230VAC ke berbagai tegangan yang dibutuhkan oleh komputer. Pada jenis power supply computer seperti pada contoh di atas, anda dapat melihat 2 saklar (switch), saklar yang paling atas adalah saklar utama yang menghubungkan power supply komputer dengan PLN dan dibawahnya adalah saklar pemilih tegangan. Saklar utama adalah saklar untuk menghubungkan ke sumber listrik PLN sehingga kalau kita mematikan saklar ini sama dengan kita mencabut kabel dari stop kontak PLN. Pemilih tegangan untuk memilih tegangan yang tersedia namun umumnya tegangan di Indonesia adalah 220 Volt.(3)


Panel konektor bagian belakang:

Pada panel belakang kita akan menjumpai beberapa konektor yang antara lain adalah sebagai berikut :
* Paling atas panel konektor (dibawah kabel kabel power) kita melihat dua konektor, warna hijau dan ungu (yang ungu sudah diisi) dan yang hijau masih kosong. Konektor in adalah port PS/2 Yang digunakan untuk menghubungkan Keyboard dan Mouse. Selain menggunakan warna kita dapat mengenali konektor tersebut melalui symbol yang digambarkan di sebelah masing-masing konektor tersebut. Pada beberapa komputer kita bisa menggunakan port PS/2 baik untuk keyboard maupun mouse, ada yang menggunakan kombinasi port PS/2 dengan port USB atau bahkan menggunakan USB untuk Keyboard dan Mouse.

* Di bawah port PS / 2, kita melihat 9 pin d-sub konektor. Konektor ini (dengan 9 'pin' kecil, juga bisa ditemukan dalam port lain) yaitu port serial. Port ini digunakan untuk transfer data. Di masa lalu, port ini digunakan untuk mouse. Sekarang tidak terlalu sering digunakan, kecuali khusus untuk port komunikasi. Misalnya, kita mempunyai sebuah multimeter yang yang terhubung dan memungkinkan komputer untuk me-log data dari multimeter tersebut. Banyak motherboard baru tidak menyertakan konektor ini. Jika anda memerlukan port ini untuk suatu tujuan tertentu anda dapat menggunakan port “COM”.

• Pada sebelah kanan dari Konektor port serial, anda dapat melihat 25 pin d-sub Konektor. Ini adalah paralel port dan itu biasanya digunakan untuk printer generasi awal. Port ini disebut juga LPT port-1. Printer keluaran baru banyak menggunakan port USB. Ini juga sedang keluar bertahap.


* Port selanjutnya (sebelah kiri bawah port printer) adalah video port (VGA port). Port ini menggunakan konektor 15 pin d-sub connector. Port ini untuk menghubungkan monitor. Perlu diingat bahwa tidak semua Komputer mempunyai susunan seperti ini (ini adalah contoh Video port yang built-in (on-board) dengan mother board. Pada beberapa komputer ada yang menggunakan video port yang terpisah. VGA card yang terpisah biasanya berharga mahal namun memberikan kualitas gambar yang bagus. Beberap jenis VGA card yang bagus (digunakan oleh para pemain game canggih) berharga lebih mahal dari seluruh komputer yang digunakan untuk contoh dalam tutorial ini.

* Di bawah VGA card anda lihat 4 buah port yang berbentuk persegi panjang (yang salah satunya telah diisi). Port ini merupakan port standard untuk konektivitas. Hampir semua computer modern saat ini memiliki setidaknya 4 port ini pada panel bagian belakang. Sebagian motherboards mempunyai pilihan untuk menambah 2 port USB lagi yang diletakkan pada depan computer dengan catatan “kotak” atau casing yang kita gunakan mempunyai port USB di bagian depan. Contoh kabel berikut adalah kabel yang paling banyak digunakan untuk printer dan scanner. Kabel tersebut adalah jenis kabel USB kabel A/B. Kabel 'A' adalah yang menuju ke printer atau scanner sedangkan kabel 'B' yang menuju ke komputer. (6)


• Sebelah kanan bawah port USB, kita melihat konektor on-board LAN (Local Area Network). Jenis konektor tersebut adalah RJ-45. LAN dapat menguhubungkan computer anda dengan computer lainnya yang berada dalam sebuah jaringan lokal. Sebuah lampu indikator akan menyala bila komputer ini terhubung ke dalam sebuah jaringan lokal. Indikator lainnya berkedip (flashes) saat ada aktivitas transfer data. Kadang-kadang salah satu lampu indikator akan berubah warna yang mengindikasikan kecepatan transfer data pada sebuah jaringan tapi hal ini tergantung dari masing-masing produsen motherboard.

• A few cards make the change when they sense that you've plugged speakers into the blue and pink jacks but that feature is seldom seen (on the boards that I've used). You have to consult your motherboard's manual to determine what your board has. I'll cover more advanced sound cards later in the tutorial. Konektor bulat di panel bagian bawah panel adalah untuk audio. Konektor tersebut dibedakan dalam masing-masing warna. Secara default pada komputer ini, yang hijau adalah port audio 'output' yang digunakan untuk konektor speaker atau headphone. Biru adalah untuk konektor audio 'input'. Konektor warna pink adalah mikrofon. Kode warna ini adalah untuk saluran standar audio output “2 channel”. Untuk audio 6 channel konektor pink dan biru sebagai output speaker surround, hijau channel output dan sub channel output. Untuk mengatur warna biru dan pink konektor yang akan digunakan sebagai output, anda harus masuk ke control panel audio untuk memilih pengaturan yang sesuai.




Ada semacam penahan kecil antara panel dan tempat konektor. Hal ini untuk memastikan koneksi antara ground motherboard dengan ground casing terhubung dengan baik. Kita akan melihat plat penahan semacam ini pada semua panel casing Seluruh sambungan extra ini ini mencegah kebocoran kebisingan frekuensi tinggi. Kebisingan itu tidak akan didengar karena berada di luar spektrum frekuensi suara (dalam rentang frekuensi radio). Apabila tidak tersambung dengan baik, kebocoran frekwensi tersebut potensial mengganggu sinyal radio yang diterima.





0 komentar: