Minggu, 05 Februari 2012

5 Alternatif File Hosting

Sebagai file hosting yang terbesar dan memiliki pengguna terbanyak di Indonesia, IDWS menawarkan banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan jasa file hosting lainnya. Dan untuk standar Indonesia, IDWS memiliki koleksi file yang sangat lengkap mulai dari film, musik, software atau ebook. Selain itu IDWS juga didukung oleh sebuah forum yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berinteraksi dan bertukar (sharing) file yang disimpan dalam server-server IDWS. Salah satu keunggulan utama IDWS adalah layanannya bersifat gratis dan pengguna dapat mengupload ataupun mendownload file sesuka hati tanpa ada batasan. Ada sedikit perubahan kebijakan yang terjadi bahwa kalau dulu pengguna dapat mengupload file sampai dengan ukuran 1 GB dalam 1 kali upload kini ada batasan upload hanya 100 MB dalam 1 kali upload. Alhasil jika dulu 1 film DVDRip ukuran 700 MB dapat didownload dalam 1 buah direct link kini pengguna harus mendownload 7 buah direct link.
Kelebihan indowebster :
  • Server yang besar dan banyak sekaligus berada di jangkauan jaringan lokal (server lokal) sehingga memudahkan pengaksesan file.
  • Kategori yang ditawarkan terbilang komplit (program, film, musik, game, video, dan lain-lain)
  • Mendukung fitur resume download dari beberapa program download accelerator (salah satunya IDM—Internet Download Manager),
  • Kecepatan download tidak dibatasi (kecepatan download hanya ditentukan oleh bandwith pengguna dan sibuknya lalu-lintas data)
  • File-file dengan ukuran besar yang disimpan oleh uploader umumnya dipecah menjadi beberapa bagian untuk memudahkan proses akses file.
Sedikit kekurangan indowebster :
  • Mungkin karena sifatnya yang gratis maka di situs IDWS banyak sekali terdapat iklan ataupun banner-banner yang sedikit menggangu dan proses untuk mendapatkan direct link juga harus melalui beberapa tahap.
  • Selain itu juga server-server IDWS yang kini berjumlah 63 buah sering kali down atau gangguan sehingga mengakibatkan proses download atau upload menjadi tidak stabil.
File hosting ini terbilang baru dan walaupun masih seumur jagung namun Maknyos telah mendapat tempat di hati para pecinta download.
Kelebihan:
  • Sistem hosting Maknyos berbeda bila dibandingkan dengan IDWS. Maknyos mengambil sistem yang hampir sama dengan Rapidshare ataupun Hotfile yaitu mereka memberikan pilihan kepada para penggunanya untuk dapat menikmati layanan sesuai dengan tingkatannya. Free, Registered dan Premium.
  • Menawarkan layanan Registered yang free dan diberikan kecepatan download yang cepat juga selain dukungan Internet Accelerator dan resume file.
  • Kelebihan terbesar dari Maknyos adalah kestabilan dari server-servernya, selama saya mendownload dari Maknyos belum pernah ditemukan server yang down atau tiba-tiba mati seperti yang sering terjadi di IDWS.
Sedikit kekurangan :
  • Untuk sebagian orang, sistem Maknyos ini kurang begitu diminati karena untuk mendapatkan media penyimpanan dan kecepatan download yang cepat seseorang harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu.
Mediafire adalah salah satu situs untuk Upload File semacam Rapidshare namun memiliki kelebihan dari pada situs-situs semacanya.
Kelebihan:
  • Di Mediafire kita bisa membuat Member Gratisan, Memang semua situs semacam ini juga banyak yang memberikan fitur Free Account, namun beda dengan Mediafire.
Mediafire memberikan fitur yang berguna bagi member Free Account mereka, Fitur yang jarang atau mungkin tidak diberikan oleh situs lain untuk member yang FREE.
Fitur spesial itu diantaranya:
  • Bisa multiple download : meskipun Free Account, anda tetap bisa mendownload banyak file sekaligus. Tak seperti fitur yang diberikan oleh situs-situs serupa yang memberi batasan download terhadap member yang Free Account, alias member yang gratisan.
  • Tak ada batasan bandwitch : Jika bandwitch internet anda mencapai 200kbps maka segitulah kecepata yang anda dapatkan saat anda mendownload file, tak seperti situs lainnya yang memberi batasan bandwitch, yang biasanya hanya di beri batas maksimum 100kbps, bila bandwitch internet kita 200kbps, kecepatan download file kita akan tetap di kisaran 100kbps.
  • File Storage yang unlimited, bandingkan dengan yang lain, belum pernah saya jumpai yang seperti ini.
Mungkin anda merasa asing dengan nama yang satu ini, karena file hosing ini tidak begitu memiliki popularitas bagi kalangan netter biasa, namun bagi blogger mania/netter yang sudah lama berkecimpung di dunia internet mungkin sudah mengetahuinya.
Kelebihan:
  • Opendrive memiliki feature-feature unggulan, yaitu: Kapasitas penyimpanan yang diberikan sebanyak 5GB.
  • Direct link diijinkan bersyarat (klik enable pada tulisan “link” di file anda lalu pilih enable pada hotlink, maka anda akan di direct ke tempat berisi text box, tulis link di website anda yang memiliki link ke opendrive atau logo opendrive)
  • Bandwidth 1GB/hari
  • opendrive desktop
sedikit kekurangan:
  • Tidak ada insentif untuk mengundang teman-teman
  • OpenDrive hanya mendukung sistem operasi Windows.

File hosting yang satu ini lumayan nge-trend di kalangan para netter, karena file hosting ini sering di-review di blog-blog orang. Karena dropbox memiliki fitur desktop, sama seperti opendrive, namun desktp application dari dropbox ini dapat juga dimanfaatkan sebagai koneksi private pribadi untuk share files. Dropbox juga bisa digunakan hotlink, namun keunggulan dari dropbox adalah setiap kita menshare dropbox dengan teman dan mendapat refferal, maka kita akan mendapatkan extra free space 250 MB setiap refferal. Pertama kali kita mendaftar akan diberi 2 GB.
Kelebihan lainya:
  • Dapat tersinkronisasi secara langsung pada komputer yang kita gunakan (PC yang bersistem operasi Windows, Linux,  atau Mac), Dropbox pun tersinkronisasi dengan beberapa perangkat mobile yang populer seperti iPhone, Blackberry, Windows mobile/phone, dan perangkat lainnya.
  • Kita dapat membackup file atau folder yang kita inginkan di perangkat tersebut dengan cara memindahkannya/menandainya ke folder dropbox yang ada di komputer, sehingga otomatis file atau folder tersebut akan tersinkronisasi dengan server dropbox. Kita tidak perlu mengunjungi website dropbox untuk mengupload file. Hanya dengan memindahkan file tersebut ke folder sharing, otomatis file tersebut akan terupload ke dropbox. sehingga kita dapat mengakses file yang kita simpan dimanapun kita berada sekalipun dalam kondisi offline.
  • dapat berbagi file atau foto dengan sesama pengguna dropbox dimanapun mereka berada, karena otomatis file yang kita letakkan di folder sharing secara otomatis akan tersinkronisasi dengan pengguna lain yang telah kita pilih.
  • sinkronisasi semua jenis file Tidak seperti file hosting lain yang membatasi jenis atau format file, dropbox memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk mengupload semua jenis file, baik itu dokumen, gambar, zip, bahkan sebuah program (exe). Dropbox pun tidak membatasi ukuran file yang diupload. Selagi ukuran tersebut masih di bawah batas ruang penyimpanan, hal tersebut tidaklah terlarang.
  • Berbagi file dimana saja Kita dapat berbagi file apapun kepada sesama pengguna dropbox. Bagi sesama pengguna dropbox, kita dapat berbagi file dengan jalan mengundang mereka. Setelah mereka menerima undangan, maka otomatis kita dapat berbagi file tersebut melalui folder sharing yang ada di komputer masing-masing. Cukup mudah, kita hanya perlu memindahkan file yang akan dibagi ke folder sharing, maka otomatis file tersebut juga akan tersimpan di komputer pengguna yang kita undang.
  • Media back-up yang aman, dikatakan aman, karena kita tidak perlu takut kehilangan file yang disimpan di server dropbox. Sejak dropbox menggunakan metode sinkronisasi dengan komputer, maka kita dapat mengakses file tersebut di komputer lain yang terhubung dengan akun kita.
  • Sebagai file hosting u/ Website/Blog, Bagi pemilik website/blog, tentunya hal ini sangat menggembirakan. Dropbox memperbolehkan penggunanya untuk mengunduh file secara langsung (direct link), sehingga kita dapat menggunakannya sebagai media hosting gambar, ataupun file download lain tanpa perlu membebani server web yang digunakan, sehingga dapat menghemat bandwidth.

0 komentar: