Senin, 06 Februari 2012

Membuat Aplikasi Database Sederhana dengan Zoho Creator


Setelah sekian lama keberadaannya, baru kali ini saya mencoba menggunakan Zoho Creator. Zoho Creator merupakan layanan online untuk membuat aplikasi sederhana dengan dukungan form dan database seperti halnya Microsoft Access. Di sini kita dapat membuat aplikasi online yang memungkinkan pengunjung website memasukkan data dengan form isian yang dapat kita desain sendiri yang memuat apa-apa yang perlu diisikan, misalnya saja aplikasi contact form atau feedback form dalam website. Aplikasi yang kita buat dapat pula kita tujukan secara terbatas misalnya hanya untuk teman atau kerabat kita.Untuk membuat suatu aplikasi dengan Zoho Creator, kita dapat memulainya dari data-data yang sudah ada misalnya dengan menyalin dari file Excel (.xls) atau file .csv. Zoho Creator menyediakan pula template aplikasi yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika menginginkan untuk memulai dari awal, untuk sekedar membuat aplikasi sederhana rasanya tidak terlalu sulit, kita hanya melakukan ‘drag and drop’ jenis field yang diinginkan, kemudian mengedit label dan properties lainnya.
Untuk pengguna tingkat lanjut, dapat pula memanfaatkan fasilitas scripting yang menggunakan Deluge Script. Ini seperti fasilitas VBA untuk program Microsoft Access.
Form aplikasi yang dibuat dapat kita atur lebih lanjut misalnya agar mengirim notifikasi melalui email dan juga hak akses terhadap aplikasi ini. Jika memang aplikasi akan ditampilkan melalui web atau blog maka kita perlu menentukan hak akses kepada public. Berikut ini merupakan contoh form feedback yang saya buat dan seperti inilah ketika ditampilkan dalam halaman web.
Misalnya Anda telah mengisikan data melalui form isian tersebut, maka saya dapat melihat data tersebut melalui berbagai tampilan yang memungkinkan (list, spreadsheet, summary, calendar atau chart).
Data-data yang masuk tersebut, kemudian dapat di-export ke berbagai format seperti PDF, HTML, CSV, dan beberapa format lainnya.

ilmuti.com

0 komentar: