Selasa, 07 Juni 2011

Migrasi ke Windows Vista


            DILIHAT dari perkembangan sistem operasi (operating system, OS), sejak dikeluarkannya OS keluarga Microsoft Windows baik desktop, client, maupun server, sebenanya hanya ada tiga sistem operasi yang cukup membedakan di antara keluarga OS tersebut. Yaitu sistem operasi untuk rumahan atau desktop, sistem operasi client, dan sistem operasi untuk jaringan.


Sistem operasi keluarga Microsoft Windows yang digunakan untuk komputer rumahan (desktop) dan sangat populer antara lain Microsoft Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 98 SE, dan Windows Me. Sedangkan sistem operasi yang digunakan untuk jaringan antara lain Windows 3.11 for Workgroup, Windows NT Client, Windows 2000 Professional, dan Windows XP. Sedangkan yang kini sedang dipersiapkan Microsoft untuk diluncurkan adalah Microsoft Windows Vista. Jadi, Windows Vista adalah sistem operasi client yang merupakan pengembangan dari Windows XP. Sementara sistem operasi jaringan yang sudah dirilis Microsoft antara lain Microsoft Windows NT Server, Windows 2000 Server, dan Windows 2003 Server.

Microsoft Windows Vista yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini, ternyata fitur dan kemampuannya--kalau diibaratkan lompatannya--hampir sama seperti Microsoft Windows 3.1 ke Microsoft Windows 95 atau Windows 3.11 for Workgroup ke Windows NT Client. Sementara itu, perkembangan dari Windows 2000 Professional ke Windows XP mungkin tidak terlalu signifikan, tetapi cukup membuat pemakainya terkagum-kagum dengan berbagai fitur dan kemampuan Microsoft Windows XP yang sampai saat ini masih banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna komputer di dunia, termasuk di Indonesia.

Lompatan yang relatif hampir sama adalah ketika Microsoft Windows 2000 Server diluncurkan menggantikan Microsoft Windows NT Server. Dalam hal ini perbedaan yang cukup signifikan dari Windows NT Server ke Windows 2000 Server adalah pada Active Directory. Tetapi, pada perkembangan selanjutnya dari Windows 2000 ke Windows 2003 Server, tidak terlalu banyak perubahan yang signifikan.

Pada Windows Vista, kemungkinan besar Microsoft akan banyak merombak berbagai tampilan desktop, fasilitas, dan tombol start yang semakin interaktif dan hidup. Selain itu, tentu saja Microsoft telah menambah dan mengubah dengan berbagai fitur mulai dari ikon sampai dengan tampilan di setiap jendela. Dengan demikian, Microsoft Windows Vista merupakan suatu revoluasi sistem operasi modern yang siap mengguncang sistem operasi dunia di masa yang akan datang.

Fitur spesifik

Sistem operasi ini memiliki beberapa fitur spesifik terkait desain grafis dan animasi, pengaturan dokumen bisnis, dan kemudahan berinteraksi dengan para pelaku bisnis lainnya. Interface baru yang disebut dengan Windows Aero akan memberikan pengalaman desktop berkinerja tinggi. Dalam hal ini, Microsoft menghadirkan tampilan profesional, desain transparan dengan efek-efek halus seperti refleksi dinamis, animasi yang halus dengan fitur-fitur navigasi 3D desktop Windows Flip and Flip.

Untuk mendukung kinerjanya, sistem ini memiliki beberapa fitur khusus seperti Windows Bitlocker Drive Encryption. Fitur ini berfungsi untuk melindungi data dan properti intelektual dari pihak lain apabila komputer tersebut hilang.

Implementasi Virtual PC Express yang dimasukkan ke dalam peranti ini memungkinkan aplikasi turunan untuk dapat berjalan pada sistem operasi Windows turunan tanpa mengalami perubahan dalam lingkungan virtual Windows Vista. Sementara subsistem untuk aplikasi berbasis Unix membuat pengguna untuk menjalankan aplikasi Unix tanpa harus melakukan perubahan apa pun pada PC berbasis Windows Vista.

Persyaratan sistem

Tidak jauh berbeda seperti halnya Windows XP, ada yang 32 bit dan 64 bit. Begitu juga dengan Microsoft Windows Vista, tersedia untuk sistem 32 bit dan 64 bit. Sistem 32 bit dirancang secara spesifik untuk komputer-komputer standar, sementara versi 64 bit disiapkan untuk segmentasi menengah ke atas.

Untuk menjalankan Windows Vista diperlukan hardware minimal dengan memori minimal 512 MB, kartu grafis yang mendukung DirectX 9.0, dan prosesor Intel Pentium IV, Intel Pentium Centrino, atau AMD generasi terbaru. Namun demikian, kalau Anda memiliki komputer laptop dengan spesifikasi Pentium Centrino 1.6 Gbyte dengan RAM 512, sudah pasti bisa menjalankan Windows XP.

`           Kebutuhan harddisk juga cukup lumayan besar, dalam hal ini Windows Vista memerlukan minimal 10 Gbit. Sebenarnya untuk Windows sendiri cukup dengan space 6-7 Gbit, tetapi apabila ada penambahan software jelas memerlukan space tambahan sampai dengan 10 Gbit.

Internet explorer versi 7

Windows Vista menyertakan browser Internet Explorer 7 (IE7). Browser baru ini memiliki berbagai fitur menarik, seperti tabbed browsing (kemampuan menampilkan banyak halaman web dalam satu jendela browser), web feeds (atau dalam istilah sehari-hari kita kenal sebagai RSS), dan fasilitas sekuriti yang lebih andal. Di antara fasilitas sekuriti ini adalah dukungan untuk anti-phishing yang akan mengingatkan dan melindungi pengguna serta menambahkan protected mode untuk memberikan tingkatan keamanan dan proteksi data.

Dalam IE7 ini, selain perubahan pada menu full down, juga sudah ditampilkan tools dan page yang berada di kelompok ikon. Menu full down ini bisa ditampilkan dengan menekan salah satu ikon di Feeds, kemudian pilih Clasic Menu. Untuk kembali ke semula, Anda tinggal mengklik ikon Feeds tadi dan menghilangkan tanda centang pada ikon menu pop up di bawah ikon tersebut.

Satu hal yang sangat menarik dari IE7 ini adalah sudah disediakannya fasilitas Favorites Center dan pilihan New Tab untuk ganti jendela. Dengan pilihan tab ini, pengguna bisa dengan mudah dan cepat pindah di antara jendela yang ada di IE7.

Windows Mail

Fasilitas ini merupakan pengganti Outlook Express yang ada di Windows versi sebelumnya. Pada Windows Mail ini banyak perubahan, terutama yang berhubungan dengan kemudahan untuk mengakses e-mail. Sedangkan hal lain yang ada di Windows Mail hampir sama seperti Outlook Express atau Microsoft Outlook yang ada di Microsoft Office System 2003.***


Sumber Terbuka Untuk Microsoft Vista

Artikel ini mengenai applikasi yang perlu anda pasang di dalam komputer anda sama ada anda menggunakan Windows XP atau Windows Vista. Applikasi-applikasi ini mempunyai perlesenan yang bebas, percuma dan sumber terbuka. Untuk versi ini penambahan applikasi Dia, OpenWorkBench, Zotero dan SeaMonkey.

Ini bermaksud ia boleh disalin seberapa banyak yang diperlukan, disebarkan kepada ramai dan applikasi sumber terbuka boleh digunakan pada sebuah atau lebih komputer tanpa sebarang masalah atau dihadkan oleh perlesenan.

Malah applikasi-applikasi ini boleh sebarkan kepada orang lain melalui CD dan Internet. Perlesenan sumber terbuka membenarkan ia. Sila rujuk http://www.opensource.org/ untuk keterangan lanjut.

Aplikasi ini boleh menjadi pengganti kepada Microsoft Office, Internet Explorer, Adobe Photoshop, Micromedia Dreamweaver, Adobe Acrobat, Winzip dan pelbagai lagi. Bagi pengguna komputer Windows Vista yang mahu mengurangkan kos perlesenan, inilah peluang anda untuk berjimat.

Penjimatan ini juga untuk penguasa cyber cafe, penggunaan di pejabat dan mana-mana tempat yang perlu berjimat daripada segi pembelian lesen. Anda mungkin hanya perlu membayar lesen Windows Vista dan untuk applikasi yang lain anda boleh menggunakan applikasi sumber terbuka.

Untuk artikel ini akan disenaraikan beberapa applikasi yang dirasakan sesuai untuk Windows Vista anda.

OpenOffice.org


Ini adalah applikasi produktiviti canggih yang mengandungi applikasi seperti pemprosesan perkataan (Word Processor), laman lebaran (spreadsheet), paparan persembahan (presentation slide show), membuat muka laman (Webpage authoring) dan pelbagai.

Ia merupakan pengganti Microsoft Office yang terbaik. Dengan lesen yang bebas dan percuma, anda pasti tidak akan melepaskannya.

Muat turun di http://www.openoffice.org/

Artikel lain http://hafnie.blogspot.com/2006/11/openoffice.html

Mozilla Firefox


Banyak telah diperkatakan tentang kelemahan Internet Explorer, pelayar Internet yang disekalikan dengan Windows XP, sehingga menyebabkan komputer diseluruh dunia terdedah dengan pelbagai serangan virus dan trojan. Sudah sampai masanya pengguna komputer dengan Windows Vista menukarkan penggunaan pelayar Internet (Internet Browser) kepada yang lebih baik dan selamat. Gunakan Firefox yang boleh dimuat turun di http://www.mozilla.org/

Artikel-artikel tentang Firefox

http://www.wanita.us/hapuskan-ie.php
http://www.wanita.us/firefox.php

Untuk muat turun pelbagai penambah baik fungsi Firefox (extension) di

https://addons.mozilla.org/extensions/

Antara "extension' yang menarik adalah "FasterFox" untuk melajukan lagi capaian dan "DownThemAll!" untuk melajukan muat turun fail-fail dan perisian.

Zotero


Zotero merupakan extensions Firefox yang baik sebagai applikasi untuk tujuan penyelidikan, simpanan dan susunan maklumat yang didapatkan Internet. Sesebuah muka laman boleh disimpan dalam Zotero dan dibuka semula tanpa talian Internet. Lawat Zotero untuk muat turun dan keterangan lanjut. Firefox diperlukan.

http://www.zotero.org/

GIMP


Applikasi ini digunakan untuk manipulasi imej yang boleh disimpan dalam pelbagai format imej seperti PNG, GIF, JPG, BMP an pelbagai. GIMP boleh menggantikan Adobe Photoshop dan ia mempunyai pelbagai fungsi yang menarik untuk digunakan pakai.

Anda boleh mencubanya dengan muat turun untuk Windows XP di http://www.gimp.org/

Pastikan anda muat turun dua pakej perisian GIMP dan GTK+ yang saling memerlukan antara satu sama lain.

Biasakan diri anda untuk menyimpan fail-fail grafik dalam format PNG. Ia adalah pilihan yang terbuka tanpa tuntutan bayaran penggunaan.

OpenWorkBench


Bagi anda yang mencari pengganti kepada Micrsoft Project, Open WorkBench merupakan pilihan terdekat. Dibina khusus untuk Windows, pelbagai fungsi yang perlu bagi anda yang sedang mengendalikan projek dan memerlukan applikasi yang memboleh membantu dalam perancangan dan pengurusan projek.

Lawat dan muat turun OpenWorkBench di

http://www.openworkbench.org/

NVU


Bagi anda yang minat untuk membina tapak laman. NVU adalah perisian khusus untuk membuat muka laman sama ada dalam format HTML atau XML. Perisian yang mudah dan berkonsepkan what-you-see-is-what-you-ge (WYSIWYG ) maka ia memudahkan usaha membuat muka laman tanpa perlu mempelajari HTML dan ia boleh menjadi pengganti kepada Micromedia Dreamweaver.

NVU turut dilengkapkan dengan pengurusan tapak FTP yang bermaksud HTML yang anda buat bleh terus dimasukkan ke komputer pelayan web, Style sheet editor (CSS), ruang kerja cara tab dan pelbagai lagi fungsi yang anda harapkan daripada perisian sebegini.

Yang penting adalah cara bagaimana format fail-fail anda disimpan. Berbanding dengan perisian yang lain. NVU mengambil prinsip fail-fail disimpan dalam format yang ringkas dan menjadikan saiz fail sekecil yang boleh. Disamping itu juga ia memastikan format yang digunakan diterima pakai oleh pelbagai pelayar Internet. Bagi pembina laman, fail hasil NVU adalah lebih mudah diterima untuk index oleh engin pencari seperti Google.

Muat turun NVU di http://www.nvu.com/

7-Zip


Bagi anda yang biasa menggunakan perisian Winzip maka 7-Zip merupakan perisian gantian yang percuma dan setanding dengan Winzip. Winzip adalah shareware, bermaksud selepas masa tertentu anda perlu membayar harga lesen untuk terus menggunakannya. Maka 7-Zip menjadi pilihan kerana sebagai perisian sumber terbuka ia bebas dan percuma untuk digunakan.

Ia menyokong pelbagai jenis format pemampatan dan pengumpulan fail seperti 7zip, ZIP, CAB, RAR, ARJ, GZIP, BZIP2, TAR, CPIO, RPM and DEB. Malah penggunaan format 7zip pemampatan boleh mencapai lebih 45 peratus lebih baik berbanding dalam format zip. Untuk muat turun sila lawat laman

http://www.7-zip.org/

PDFCreator


Anda boleh menggunakan perisian PDFCreator ini untuk menyimpan pelbagai dokumen daripada pelbagai perisian Windows dalam bentuk PDF secara terus daripada perisian tersebut. Ini membolehkan hasilan perisian dapat dikongsikan kepada ramai pengguna dengan format PDF tanpa perlu pengguna mempunyai perisian Windows yang digunakan untuk menghasilkan hasilan tersebut. Fail PDF (Portable Document Format) adalah format yang standard dan utama dalam penerbitan secara elektronik.

PDFCreator adalah perisian yang mudah dan percuma berbanding dengan perisian lesen perlu beli seperti Adobe Acrobat. Apabila dipasang, pengguna hanya perlu memilih "Print" seperti untuk mencetak dokumen, daripada mana-mana perisian dan memilih "PDFCreator Printer" daripada senarai pencetak. Klik OK, kemudian save dan masukkan nama fail untuk PDF itu. Semudah itu. Untuk muat turun sila lawat

http://sector7g.wurzel6.de/pdfcreator/index_en.htm

ClamWin


ClamWin merupakan anti virus dengan perlesenan sumber terbuka. Walaupun pengesanan secara masa kini (real-time) belum lagi diadakan namun dengan pengesanan secara berjadual boleh dijalankan. Ia mampu mengesan dan menghapuskan virus dan trojan seperti perisian berlesen berbayar. Lawat lamannya di

http://www.clamwin.com/

Spybot Search and Destroy


Akibat kelemahan Internet Explorer maka pelbagai Adware dan spyware boleh memasuki Windows XP anda. Perisian Spybot Search and Destroy merupakan perisian khusus bagi mengesan perisian sebegini dan menghapuskannya. Perisian sebegini menjadi perisian gandingan bersama anti virus. Lawat laman

http://www.spybot.info/

Dia


Bagi anda yang mencari applikasi untuk membina gambar rajah teknikal atau carta aliran, applikasi ini adalah yang paling sesuai. Ia umpama applikasi Visio dan ini gantinya. Sila lawat

http://www.gnome.org/projects/dia/

SeaMonkey


SeaMonkey adalah perisian gabungan pelayar Internet, Email, membuat muka laman, IRC dan Buku Alamat. Semua applikasi dalam satu. Ini sesuai untuk organisasi yang perlu menyediakan aplikasi pelbagai, dengan hanya satu pemasangan SeaMonkey dapat semua keperluan. Sila Lawat

http://www.mozilla.org/projects/seamonkey/

Sokoban YASC


Permainan mencabar minda ini sesuai untuk waktu-waktu berehat daripada tekanan kerja dan belajar. Ia diasaskan oleh Hiroyuki Imabayashi seorang pengatur cara Jepun. Sokoban bermaksud penjaga gudang.

Matlamat permainan ini adalah menyusun semula kotak-kotak pada kedudukan yang dikehendaki di dalam gudang. Nampak mudah namun terdapat beberapa had yang perlu dipatuhi. Permainan ini hanya boleh menolak kotak, hanya boleh menolak satu kotak dalam satu masa dan tidak boleh menembusi kotak atau dinding. Ia pasti menyeronokkan.

Lawat laman Sokoban YASC di http://www.sourceforge.net/projects/sokobanyasc/

Battle for Wesnoth


Permainan berbentuk strategi mengikut giliran mempunyai tema fantasi. Ia mempunyai beberapa kempen yang perlu diikuti. Dengan pelbagai watak yang boleh diupah setiap satu mempunyai kebolehan dan kelemahan masing-masing maka permainan ini pasti melekakan bagi mereka yang meminati permainan sebegini.

Jika anda berminat anda boleh menyertakan rakan-rakan secara talian malah menyertai pertandingan yang diadakan oleh tapak laman permainan ini.

Lawat http://www.wesnoth.org/ untuk muat turun permainan.

Bzflag


Bzflag merupakan permainan dalam rangkaian yang melibatkan peperangan kereta kebal. Dengan keadaan muka bentuk bumi tersendiri maka adalah satu yang menarik berlawan sesama rakan dalam rakaian LAN. Jika mempunyai komputer dengan grafik kad canggih dan memori yang tinggi, permainan boleh diadakan dalam keadaan seperti benar dengan halangan seperti pokok dan bukit. Semuanya boleh dimuat turun di

http://www.bzflag.org/


The OpenCD Project



Projek ini mengumpulkan hampir semua perisian yang disenaraikan dalam artikel ini dalam bentuk CD. Dengan pelayarnya sendiri anda boleh membaca penerangan dan melihat imej skrin setiap perisian dalam CD tersebut sebelum anda memasangnya.

Ada terdapat beberapa lagi applikasi menarik tidak dinyatakan dalam artikel ini dan anda boleh mecubanya. Antaranya adalah Audacity untuk manipulasi audio http://audacity.sourceforge.net/ , Celestia bagi mereka yang berminat dengan astronomi http://www.shatters.net/celestia/ dan pelbagai lagi yang disenaraikan di

http://www.theopencd.org/programs

Muat turun fail ISO CD OpenCD Project di

http://www.theopencd.org/

Ingin dimaklumkan fail ISO tidak boleh dibakar secara data files. Anda perlu memilih "Burn CD Image" kerana fail ISO ini adalah imej kepada CD. Cara pembakarannya adalah berlainan.

Sebagai tanda sokongan, bagi anda yang mahu menyumbang boleh melawat laman perisian-perisian yang anda gunakan. Menyumbang walau sedikit wang boleh menjadi galakan kepada mereka untuk meneruskan usaha dan membayar kos komputer pelayan dan pelbagai lagi kos yang mereka tanggung secara sendiri.

Jika tidak mahu menyumbang dalam bentuk wang ringgit, sumbangan promosi seperti menyebarkan maklumat tentang perisian kepada rakan-rakan, malah memanjang artikel ini kepada email rakan-rakan dapat membantu dan memperkembangkan perisian sumber terbuka yang bebas, percuma dan terbuka.

Terdapat beribu-ribu perisian dengan perlesenan sumber terbuka. Ia ditulis dalam pelbagai bahasa atucara sama ada C, C++, PHP, ASP, Java, VB dan pelbagai. Anda boleh mencarinya di http://www.sourceforge.net/

Diharapkan artikel ini dapat membuka mata bahawa terdapat pelbagai perisian yang bermutu boleh menjadi pengganti kepada perisian lesen beli. Perisian sumber terbuka yang bebas dan percuma. Sekiranya anda mahu, Windows XP sendiri boleh digantikan dengan sistem operasi Linux. Terdapat pelbagai distribusi boleh anda pilih mengikut selera anda. Antaranya adalah Ubuntu, OpenSuse dan Centos.

CD The OpenCD Project itu sendiri merupakan CD Linux Ubuntu yang boleh "boot" sewaktu anda membuka komputer. Bagi distribusi lain

OpenSuse http://www.opensuse.org/
Centos http://www.centos.org/
Senarai pelbagai distribusi Linux http://www.distrowatch.com/

Bagi anda yang terlibat dalam dunia IT selain Linux (seperti Centos) sebagai pengganti Windows 2000 dan Windows 2003 atau LongHorn , FreeBSD http://www.freebsd.org/ boleh menjadi komputer pelayan yang baik, bebas dan percuma. Artikel lain akan ditulis mengenainya.


Applikasi Percuma



Selain daripada perisian sumber terbuka terdapat beberapa perisian percuma (Free sofware) yang dirasakan sesuai untuk pengguna komputer Windows XP dan Vista.

AVG Anti virus


Percuma untuk pengguna di rumah, ia merupakan anti virus yang canggih dan mampu mengesan pelbagai jenis virus dan trojan. Malah kemas kini definasi adalah percuma. Lawat laman dibawah untuk muat turun

http://free.grisoft.com/

CCleaner


Perisian ini bertujuan untuk membersihkan Windows XP terutama registry daripada pelbagai sampah yang boleh menggugat kestabilan Windows XP anda. Disamping itu terdapat kemudahan pemadam jejak hasil penggunaan pelbagai perisian. Bagi Windows XP yang telah dibersihkan daripada jangkitan trojan dan virus, adakala terdapat ralat yang tidak hilang. CCleaner mungkin dapat membantu membersihkannya. Lawatlah lamannya di

http://www.ccleaner.com/

HDtune


Cakera keras masa kini dibangunkan dengan teknologi S.M.A.R.T bagi membolehkan keadaan cakera keras dikuti melalui perisian seperti HDTune. Dengan ini sebarang masalah kepada cakera keras dapat dikesan daripada awal dan pengguna dapat membuat penukaran awal dan menyalin data ke tempat lain.

Disamping itu dengan pengesan haba, suhu cakera keras dapat ketahui. Suhu yang tinggi seperti lebih 55 darjah Celcius boleh merosakkan cakera keras. Dengan perisian ini keadaan suhu yang tinggi boleh dikesan dan anda akan diberikan amaran.
Lawat laman dibawah untuk keterangan lanjut dan muat turun.

http://www.hdtune.com/

Google Desktop


Jika selama ini pelbagai dokumen dalambentuk HTML, DOC dan PDF disimpan di dalam cakera keras kita dan banyak masa kita terlupa dimana kita menyimpannya. Google Desktop merupa satu cara kita mencari pelbagai bahan yang kita simpan di dalam cakera keras. Dengan teknologi carian Google maka pelbagai maklumat boleh dicari dalam cakera keras kita.

Pelbagai muka laman yang penting boleh disimpan dalam cakera keras, pelbagai dokumen boleh disimpan untuk rujukan kemudian. Dengan Google Desktop simpanan ini boleh menjadi sumber rujukan tanpa talian (offline) yang menyenangkan. Sebagai contoh saya telah muat turun semua dokumen HOWTO dan panduan untuk Linux di http://www.tldp.org/ untuk kemudahan rujukan saya. Dengan Google Desktop ia umpama menggunakan Google di Internet untuk mencari maklumat.

Lawat lamannya di untuk muat turun.

http://desktop.google.com/

Google sendiri menyediakan satu kemudahan yang dipanggil Google Updater untuk muat turun perisian percuma yang disokong oleh Google. Terdapat pelbagai perisian penting untuk pengguna komputer. Sila lawat laman dibawah untuk keterangan lanjut.

Pembangunan

Microsoft pertama kalinya mengumumkan "Longhorn" pada bulan Juli 2001, bahkan sebelum peluncuran Windows XP pada bulan Oktober tahun yang sama. Pada awalnya, Longhorn diharapkan untuk mulai dijual pada kisaran tahun 2003 sebagai batu loncatan di antara Windows XP dan "Blackcomb" (sekarang dikenal sebagai Windows "Vienna"). Secara bertahap, "Longhorn" nyatanya dibangun dengan banyak fitur-fitur dan teknologi baru dari "Blackcomb", sehingga tanggal peluncurannya pun berkali-kali diundur. Microsoft kemudian mengumumkan pada 27 Agustus 2004 bahwa Perusahaan itu melakukan perubahan yang signifikan. Pembangunan "Longhorn" diulang kembali dan didasarkan pada basis program Windows Server 2003. Beberapa fitur yang sebelumnya diumumkan, seperti WinFS, pun dibatalkan.
Setelah "Longhorn" dinamai menjadi Windows Vista, sebuah uji-beta program dimulai, melibatkan ratusan ribu sukarelawan dan perusahaan. Pada September 2005, Microsoft mulai meluncurkan Community Technology Previews (CTP) secara reguler bagi para penguji-beta. Rilis yang pertama adalah build 5219, didistribusikan bagi undangan yang hadir pada Microsoft Professional Developers Conference (PDC) 2005, dan juga dirilis bagi para penguji Microsoft Beta dan para pelanggan MSDN.
Dalam CTP-CTP berikutnya, Microsoft telah memperkenalkan banyak rencana-rencana fitur untuk produk finalnya, seperti sejumlah perubahan untuk antarmuka pengguna, yang didasarkan dari usulan balik dari para penguji-beta.
Windows Vista dianggap telah memiliki fitur yang lengkap dengan peluncuran build 5308 CRT, yang dirilis pada 22 Februari 2006. Pekerjaan yang menunggu para programer Microsoft hingga tanggal akan dirilisnya versi final nanti cenderung difokuskan pada stabilitas, kinerja, kompatibilitas aplikasi dan driver, serta dokumentasi.
James Allchin dalam sebuah wawancara menyatakan bahwa tidak akan ada versi "Release Candidate" (RC) seperti yang dilakukan pada versi-versi Windows yang sebelumnya. Microsoft sebaliknya hanya akan mengirimkan CTP hingga produk tersebut siap dipasarkan. Hanya saja dalam peluncuran Windows Vista Beta 2 bagi para penguji pada 23 Mei 2006, dan untuk umum pada 7 Juni 2006 melalui Microsoft's Customer Preview Program (bisa diunduh langsung ataupun dengan memesan DVD), Microsoft memberikan petunjuk bahwa akan ada release candidate untuk Windows Vista dengan menjanjikan sebuah Release Candidate 1 DVD kit untuk yang memesan DVD Beta 2.
Dalam roadmap Microsoft tampaknya rencana untuk tanggal rilis ke pabrikan adalah pada atau sebelum 25 Oktober 2006.

Fitur-fitur yang baru dan diperbaharui

Windows Vista memiliki daftar panjang untuk ratusan fitur-fitur baru, fitur-fitur yang diubahkan, dan fitur-fitur yang ditingkatkan kemampuannya. Pada saat ini daftar fitur-fitur tersebut belum dipublikasikan secara lengkap oleh Microsoft. Namun demikian, berbagai fitur yang akan dimasukkan ke dalam Windows Vista tersebut sudah mulai diperkenalkan melalui beberapa publikasi.

Fitur-Fitur End-User

Windows Aero: desain baru antarmuka pengguna, singkatan dari Authentic, Energetic, Reflective, and Open. Antarmuka baru ini dimaksudkan agar lebih estetis dan bersih ketimbang tantarmuka Windows sebelumnya, termasuk jendela-jendela transparan, animasi, dan tampilan yang bagus.
Windows Shell: Windows shell yang baru ini berbeda sekali dengan Windows XP. Sebagai contoh, Start Menu yang telah diubah, bahkan kata "Start" pun telah digantikan dengan tombol Windows "Pearl" biru yang baru.
Fasilitas Pencarian (Search):
*       Windows Sidebar:
*       Internet Explorer 7+:
*       Windows Media Player 11:
*       User Account Control:
*       Windows Firewall:
*       Windows Defender:
*       Windows Mail:
*       Windows Update:
*       Parental Control:
*       Windows Sideshow:
*       Speech recognition:
*       New Fonts:
*       Games:
*       Windows Calendar:
*       Windows Photo Gallery:
*       Windows DVD Maker:
*       Windows Collaboration:
*       SuperFetch:
*       ReadyBoost:
*       ReadyDrive:
*       Touchscreen:
*       Problem Reports and Solutions:
*       Virtual Folder:

Teknologi Inti

Windows Vista dimaksudkan untuk diluncurkan sebagai produk berbasis-teknologi, sebagai sistem yang solid yang mencakup teknologi-teknologi baru tingkat tinggi. Banyak di antaranya merupakan teknologi yang berkaitan dengan bagaimana sistem berfungsi, yang bekerja di belakang layar dan tidak terlihat oleh pengguna akhir.
Pembangunan ulang seluruh arsitektur audio, print, tampilan layar (display), dan stack jaringan
Protokol IPv6 yang juga bekerja bersama dengan IPv4
Struktur keamanan baru, termasuk BitLocker Drive Encryption
Peningkatan kemampuan memory manager dan process scheduler
System services dimasukkan sebagai sesi terpisah dan terisolasi, sementara proses User sebagai sesi yang berbeda.
Address Space Layout Randomization (ASLR) untuk mencegah serangan Return-to-libc buffer overflow.
Kernel Transaction Manager yang baru memungkinkan operasi transaksi atom melintasi berbagai obyek yang berbeda, terutama sekali sistem file (Transactional NTFS) dan operasi registry.
Deadlock Detection Technology merupakan teknologi baru yang akan melakukan pengecekan atas kondisi-kondisi deadlock (kebuntuan sistem) untuk pelaporan error Windows.

Teknologi bagi Developer

.NET Framework 3.0, sebelumnya WinFX, merupakan sebuah set teknologi yang juga ditujukan untuk tersedia bagi Windows XP dan Windows Server 2003. Oleh karenanya teknologi ini bukan merupakan teknologi yang eksklusi hanya untuk Vista, tetapi dirancang selama kurun waktu pembangunan Vista. Alasan agar teknologi ini lebih mudah diperkenalkan ke para developer dan end-user, mungkin menjadi dasar mengapa Microsoft melakukan backport teknologi bagi sistem operasi yang sebelumnya.
Microsoft menyebut teknologi kunci yang baru dalam versi Windows ini sebagai "The Pillars of Vista" (Pilar-Pilar Vista).
Presentation
Windows Presentation Foundation atau WPF, sebelumnya diberi nama-kode Avalon; adalah sebuah sub-sistem antarmuka pengguna yang baru dan merupakan kerangka-kerja yang didasarkan pada teknologi Direct3D (DirectX) dan grafik vektor-kerja sama antara perangkat keras komputer grafik 3D dengan teknologi Direct3D. Lihat juga Windows Graphics Foundation.
Communication
Windows Communication Foundation atau WCF, sebelumnya diberi nama-kode Indigo; adalah sistem komunikasi berorientasi-servis (service-oriented messaging system) yang mengijinkan program untuk berinteroperasi secara lokal maupun remote mirip seperti service jejaring (web).
Workflow
Windows Workflow Foundation or WF; pertama kali diumumkan pada Agustus 2005, akan mengijinkan transaksi otomatisasi dan terintegrasi dengan menggunakan arus-kerja (workflows).
Selain itu juga ada pembangunan API baru signikan di dalam inti sistem operasi, khususnya penambahan .NET Framework, pembangunan benar-benar baru bagi arsitektur audio, jaringan, pencetakan (print), dan antarmuka video, perubahan besar dalam infrastruktur keamanan, peningkatan bagi instalasi program aplikasi ("ClickOnce" dan Windows Installer 4.0), model baru untuk device driver ("Windows Driver Foundation"), Transactional NTFS, serta pembaruan besar-besaran bagi banyak sub-sistem inti seperti Winlogon dan CAPI.
Ada beberapa isu bagi delevoper perangkat lunak dalam menggunakan API grafik di Vista. Games maupun program-program yang dibangun di atas Direct3D Versi 10 milik Vista, tidak akan bekerja di Windows versi sebelumnya, karena Direct3D 10 tidak kompatibel dengan Direct3D 9.
Selain itu juga ada Fitur yang digunakan untuk mem-blok situs Internet lewat Browser Internet Explorer 7 dan juga ada fitur yang berguna untuk mendeteksi program - program bajakan dalam tubuhnya,sehingga program bajakan tersebut tidak bisa berjalan dalam Windows Vista

Fitur XP yang dihilangkan

Beberapa fitur dan komponen Windows XP yang terkenal juga telah digantikan ataupun dihilangkan dari Windows Vista. Mungkin yang paling terlihat signifikan adalah penghilangan Windows Messenger dan MSN Explorer, dan penggantian NetMeeting dengan Windows Collaboration. Windows Vista juga tidak memasukkan tema-visual (visual theme) Windows XP "Luna". Fitur "Hardware profiles" juga telah dihilangkan, diikuti dengan penarikan dukungan untuk teknologi motherboard lawas seperti EISA bus dan APM.

Fitur-fitur yang ditunda/dibatalkan

WinFS adalah nama-kode untuk sebuah sistem file baru dengan sifat relational database yang dibangun di atas sistem NTFS dan SQL Server 2005. Pada bulan Agustus 2006, Microsoft mengumumkan bahwa WinFS batal dimasukkan dalam Windows Vista. Hal ini dikarenakan belum selesainya pengembangan teknologi ini. Microsoft telah mengerjakan teknologi ini sejak pertengahan tahun 1990an. Sedianya, Microsoft akan meluncurkan WinFS secara terpisah dari Vista, tapi pada 23 Juni 2006 kembali diumumkan bahwa Microsoft memutuskan untuk mengintegrasikan beberapa dari fitur yang telah dikembangkan ini dalam versi selanjutnya dari ADO.NET dan SQL Server, secara efektif sekaligus membatalkan proyek WinFS.
Sehubungan dengan isu penjadwalan, Windows PowerShell, dengan nama-kode Monad juga tidak akan dimasukkan dalam Windows Vista. Namun demikian, Microsoft telah mengumumkan bahwa fitur ini akan tersedia untuk diunduh secara terpisah dalam kuartal keempat 2006.
Arsitektur keamanan Next-Generation Secure Computing Base juga diabaikan dari Windows Vista, dikarenakan masih sedikitnya developer pihak-ketiga untuk mendukung sistem ini.
Dukungan untuk Intel Extensible Firmware Interface (semacam sistem BIOS baru) juga dibatalkan karena sedikitnya dukungan untuk komputer desktop.
PC-to-PC Sync, sebuah teknologi Peer-to-peer untuk sinkronisasi folder antar komputer-komputer yang menjalankan Vista, juga dibatalkan karena masalah kualitas. Kemungkinan teknologi ini tetap akan dikembangkan di masa depan.

Antarmuka grafis

Antarmuka baru Vista, Windows Aero, dibangun di atas sebuah mesin baru yang bernama Desktop Window Manager. Windows Aero, juga dikenal sebagai Aero Glass, menambahkan dukungan untuk grafik 3D (dikenasl sebagai Flip 3D), jendela transparan, animasi, dan efek visual lainnya. Windows Aero membutuhkan kartu grafis high-end dan kapasitas perangkat keras seperti:
memori grafis 64MB direkomendasikan untuk set layar 1024x768, dan 128MB untuk 1600x1200+. minimal 32 bit per pixel 3D hardware accelleration yang mendukung DirectX 9.0 memori dengan lebar pita (bandwidth) direkomendasikan 2GB/s mampu menggambar ~1.5 juta segitiga/detik, dengan satu jendela hingga ~150 segitiga mendukung driver Windows Display Driver Model (WDDM).

Tampilan Aero dari Windows Vista
Vista juga menawarkan model Aero lainnya:
Mode Standard, adalah varian Windows Aero tanpa tranparan, animasi, dan efek grafis lainnya seperti Flip 3D.
Mode Windows Classic, juga tersedia sebagai antarmuka yang paling dasar. Classic memiliki tampilan yang mirip dengan Windows 2000 dan tidak menggunakan Desktop Composition Engine yang baru. Classic memerlukan driver-driver Windows XP Display Driver Model (XPDM) atau WDDM dan kartu grafis yang mendukung Windows 2000.

Kebutuhan perangkat keras

Menurut Microsoft, komputer yang dapat menjalankan Windows Vista diklasifikasikan sebagai "Vista Capable" dan "Vista Premium Ready"
Komputer "Vista Capable" memerlukan minimal prosesor 800MHz, 512MB RAM, dan kartu grafis dengan kelas DirectX 9. Namun klasifikasi ini tidak akan mampu untuk mendukung grafis high-end Vista, termasuk antarmuka Aero.
Komputer "Vista Premium Ready" memerlukan setidaknya prosesor 1GHz, 512 MB RAM, dan kartu grafis yang kompatibel dengan antarmuka Aero minimal 128MB serta mendukum WDDM yang baru.
Logo komputer yang siap untuk dipasangi Windows Vista (meski dikonfigurasi untuk Windows XP
Komputer Vista Capable atau sejenis, memerlukan minimal prosesor dengan kecepatan 800 MHz, Memory 512 MB RAM dan kartu grafis yang mendukung DirectX 9. Komputer jenis ini tidak mampu mendukung grafis high-end Vista, termasuk antarmuka Aero. Sebaliknya Komputer Vista Premium Ready dapat mendukung fitur "high-end" Vista tetapi, sedikitnya diperlukan prosesor 1 GHz , memory utama 1 GB, dan kartu grafis yang kompatibel dengan Aero dengan memory minimal 128 MB dan mendukung Windows Display Driver Model yang baru.

Vista Capable
Vista Premium Ready
Prosesor
800 MHz
1 GHz/Dual Core
Memori
512MB RAM
1 GB RAM
GPU
mendukung DirectX 9
mendukung DirectX 9, dengan Hardware Pixel Shader v2.0, dan driver WDDM
GPU Memory
64 MB RAM
128 MB RAM
HDD
20GB
40GB
Area HDD kosong
15GB
15GB
Perangkat lainnya
CD-ROM
DVD-ROM
Memang, Windows Vista sudah menggunakan teknologi 64-bit sehingga membutuhkan hardware di kelas HI-END.Meskipun begitu, Microsoft tetap menyediakan Windows Vista seri 32-bit.

Edisi-edisi Windows Vista

Windows Vista Starter
Mirip seperti Windows XP Starter Edition, edisi ini dibatasi untuk area lokal, terutama sebagai alternatif legal ketimbang penggunaan kopi bajakan. Pengguna edisi ini akan sangat dibatasi pemakaiannya, misalnya hanya bisa untuk memakai tiga program sekaligus dalam satu waktu, pembatasan koneksi jaringan, dan physical memory dibatasi hanya hingga 256MB.
Windows Vista Home Basic
Seperti Windows XP Home Edition, Home Basic ditujukan bagi pengguna rumahan yang tidak memerlukan fasilitas lebih tinggi. Tema "Aero Glass" dengan efek transparan juga tidak akan termasuk dalam Edisi ini. Home Basic hanya mendukung hingga 8GB physical memory.
Windows Vista Home Premium
Didasari Windows Vista Home Basic, edisi ini memiliki tambahan dukungan fitur-fitur lebih tinggi yang ditujukan untuk segmen pengguna rumahan, seperti dukungan HDTV dan pembuatan menu DVD. Tambahan lainnya adalah games yang lebih banyak, dukungan untuk komputer tablet dan mobile, sistem enkripsi file, serta aplikasi manajemen foto. Edisi ini mirip dengan Windows XP Media Center Edition dan Tablet PC Edition. Home Premium mendukung hingga 16GB physical memory.
Windows Vista Busines
Sebanding dengan Windows XP Professional, dan ditujukan untuk pengguna bisnis. Fitur Media Center yang ada dalam Home Premium tidak dimasukkan dalam edisi ini, tetapi memiliki fasilitas IIS web server, dukungan faksimili, offline files, dukungan dual physical processor, Remote Desktop, kolaborasi P2P, dan mampu menangani hingga 128GB memori. Aktivasi produk tidak diperlukan untuk edisi ini.
Windows Vista Enterprise
Edisi ini ditujukan untuk segmen enterprise, dan merupakan edisi tingkat tinggi dari edisi Business. Fitur-fitur tambahannya di antaranya adalah versi sesi-tunggal dari Virtual PC, dukungan antarmuka multibahasa, BitLocker Drive Encryption, dan dukungan untuk aplikasi UNIX. Edisi ini tidak akan tersedia melalui saluran retail ataupun OEM, melainkan melalui Microsoft Software Assurance.
Windows Vista Ultimate
Edisi ini menggabungkan seluruh fitur-fitur Home, Premium, dan Enterprise. Dalam edisi ini juga ditambahkan dukungan pembuatan podcast (yang dialihbahasakan oleh Microsoft menjadi "blogcasting"), program peningkat-kinerja game (WinSAT), fasilitas DVD ripping, dan layanan online khusus untuk media yang dapat diunduh, serta opsi layanan pelanggan tambahan lainnya. Edisi Ultimate ditujukan sebagai edisi Vista yang paling impresif, ditujukan bagi para pengguna high-end, pemain game, para profesional multimedia, serta para pecandu PC. Seperti edisi Business dan Enterprise, aktivasi produk juga tidak diperlukan.

Kritik

Kritik pada Windows Vista meliputi waktu pengembangan yang sangat lama, perjanjian lisensi yang lebih ketat, penambahan beberapa teknologi yang bertujuan membatasi penyalinan media digital terlindungi, dan penggunaan teknologi keamanan User Account Control yang baru. Para peninjau jugs mencatat beberapa kemiripan antarmuka Aero pada Vista dengan sistem operasi milik Apple, Mac OS X, terutama pengunaan efek transisi. Lebih jauh lagi, beberapa orang mempertanyakan komputer personal yang memenuhi persyaratan perangkat keras "Vista Premium Ready" dan harga Vista.

Lisensi

Pengenalan pembatasan lisensi tentang pembeli ritel yang secara legal mentransfer salinan Vista dikritik habis-habisan dan sejak saat itu telah diubah. Sebelumnya, perjanjian lisensi untuk Vista hanya mengizinkan pembeli salinan ritel Vista untuk mentransfer perangkat lunak mereka ke mesin yang baru untuk sekali. Jika seorang pengguna ingin memindahkan perangkat lunaknya untuk kedua kalinya, ia harus menghubungi Microsoft melalui telepon, membuktikan ia memiliki lisensi yang sah, untuk mendapatkan kode untuk mengizinkan perpindahan. Sejak saat itu, Microsoft telah merespon komplain dan memodifikasi EULA menjadi "You may uninstall the software and install it on another device for your use. You may not do so to share this license between devices." (belum ada terjemahan resmi dari Microsoft untuk bahasa Indonesia, namun kurang lebih artinya "Anda dapat meng-uninstal perangkat lunak dan menginstal pada perangkat lain untuk penggunaan pribadi. Anda tidak boleh melakukan ini untuk berbagi lisensi antarperangkat."). Seperti pada Windows XP, aturan-aturan terpisah akan dilakukan untuk versi OEM Vista yang diinstal pada komputer pribadi yang baru; ini tidak dipandang dapat ditransfer secara legal. Harga Windows Vista juga dikritik terlalu tinggi. Kebanyakan pengguna pada sebuah jajak pendapat mengatakan bahwa harga beberapa edisi Windows Vista yang ditulis pada situs Web Microsoft Kanada pada Agustus 2006 membuat harga produk terlalu mahal.



WINDOWS VISTA
Pada Windows Vista, kemungkinan besar Microsoft akan banyak merombak berbagai tampilan desktop, fasilitas, dan tombol start yang semakin interaktif dan hidup. Selain itu tentu saja Microsoft telah menambah dan mengubah dengan berbagai fitur mulai dari ikon sampai dengan tampilan disetiap jendela. Dengan demikian Microsoft Windows Vista meruapakan suatu revoluasi sistem operasi modern yang siap mengguncang sistem operasi dunia dimasa yang akan datang.
Sistem operasi ini memiliki beberapa fitur spesifik terkait design grafis dan animasi, pengaturan dokumen bisnis dan kemudahan berinteraksi dengan para pelaku bisnis lainnya. Interface baru yang disebut dengan Windows Aero akan memberikan pengalaman desktop berkinerja tinggi. Dalam hal ini Microsoft menghadirkan tampilan profesional, desain transparan dengan efek-efek halus seperti refleksi dinamis, animasi yang halus dengan fitur-fitur navigasi 3D desktop Windows Flip and Flip.
Untuk mendukung kinerjanya, system ini memiliki beberapa fitur khusus seperti Windows Bitlocker Drive Encryption. Fitur ini berfungsi untuk melindungi data dan properti intelektual dari pihak lain apabila komputer tersebut hilang.
Implementasi Virtual PC Express yang dimasukkan dalam peranti ini memungkinkan aplikasi turunan untuk dapat berjalan pada sistem operasi Windows turunan tanpa mengalami perubahan dalam lingkungan virtual Windows Vista. Sementara subsistem untuk aplikasi berbasis Unix membuat pengguna untuk menjalankan aplikasi Unix tanpa harus melakukan perubahan apapun pada PC berbasis Windows Vista.
Microsoft Windows Vista juga tersedia untuk sistem 32-bit dan 64-bit. Sistem 32-bit dirancang secara spesifik untuk komputer-komputer standar, sementra versi 64-bit disiapkan untuk segmentasi menengah ke atas.
Untuk menjalankan Windows Vista diperlukan hardware minimal dengan memori minimal 512MB, kartu grafis yang mendukung DirectX 9.0, dan prosesor Intel Pentium IV, Intel Pentium Centrino, atau AMD generasi terbaru. Namun demikian kalau Anda memiliki komputer Laptop dengan spesifikasi Pentium Cntrono 1.6 Gbyte dengan RAM 512 sudah pasti bisa menjalankan Windows XP.
Kebutuhan harddisk juga cukup lumayan besar, dalam hal ini Windows Vista memerlukan minimal 10 Gbyte. Sebenarnya untuk Windows sendiri cuup dengan space 6-7 Gbyte, tetapi apabila ada penambahan spftware jelas memerlukan space tambahan sampai dengan 10 Gbyte.



PROSES INSTALASI WINDOWS VISTA
Kalau proses instalasi dengan cara mengupgrade maka setelah Anda memasukkan master Windows Vista ke dalam drive DVD atau CD, maka segera tampil pilihan untuk melakukan instalasi. Dalam hal ini Anda tinggal menekan tombol Instal Now.
Selanjutnya dari tayangan tersebut  Anda tinggal menunggu sehingga proses instalasi langsung dilaksanakan. Pada saat instalasi ini Anda hanya sesekali menekan tombol Next dan memasukkan CD-Key yang Anda miliki. Setelah proses instalasi selesai Anda diminta untuk melakukan activasi melalui Internet. Setelah melakukan activasi Windows Vista sudah siap digunakan.Publish
Menjalankan WIndows Vista
Untuk memulai Microsoft Windows Vista tekan tombol power di komputer dan di monitor. Setelah itu biarkan program bekerja. Tampilan awal sebelum Anda melakukan perubahan, Windows Vista akan menampilkan Welcome Center. Tampilan ini menjelaskan dan menampilkan hardware dan system yang Anda gunakan. Selain itu pada tampilan ini menampilkan fasilitas apabila Anda akan menambah hardware baru berupa Setup Device, fasilitas untuk menambah Account baru dan fasilitas untuk Transfer file dan setting.
  1. Untuk mengetahui beberapa fasilitas yang disediakan Microsoft Windows Vista terutama yang berhubungan dengan multimedia Anda bisa menjalankan Media Center. Langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  2. Klik Start
  3. Klik Media Center
  4. Klik Next untuk melanjutkan setup Media Center
  5. Klik lagi Next
  6. Kalau computer Anda memiliki koneksi Wireles Anda piloih Yes, tetapi kalau tidak pilih No lalu klik Next untuk melanjutkan
  7. Pada tampilan Internet Connection dan "Always on" Internet Connection" Anda pilih Yes atau No tergantung koneksi Internet yang Anda gunakan
  8. Klik Next untuk melanjutkan
  9. Pilih salah satu koneksi yang tampil, misalnya Internet, Internet Media Center atau lainnya
  10. Klik Next untuk melanjutkan
  11. Pada tampilan Enter Your DialUp Password, maskkan password Anda di kolom password, misalnya admin001
  12. Ketikkan sekali lagi password Anda, mialnya admin001
  13. Klik Next untuk melanjutkan
  14. Klik Test untuk mencoba sambungan koneksi. Jika tidak ada koneksi maka komputer akan
Catatan: Untuk memanfaatkan fasilitas ini sebaiknya computer Anda terkoneksi ke jaringan Internet. Namun demikian Anda juga tetap bisa memanfaatkan fasilitas ini walaupun tidak terkoneksi hanya sangat terbatas.
  1. Jika komputer Anda tidak terkoneksi ke jaringan Internet,maka akan tampil pernyataan DialUp failed.
  2. Klik saja Next untuk melanjutkan
  3. Klik lagi Next
  4. Kemudian pada tampilan Help Improve Media Center Anda pilih No Thank You, lalu klik Next lagi
  5. Klik Yes
  6. Klik Next, dan klik Next lagi
  7. Klik I'm finished dan klik Next
  8. Lalu klik Finish untuk mengakhirinya
Mengakhiri Windows Vista
Untuk mengakhiri Microsoft Windows Vista prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Klik Start.
  2. Klik salah satu pilihan yang tersedia
  3. Dalam keadaan ini ada tiga pilihan yang akan ditampilkan program, Switch User, Log Off, Lock, Shut Down dan Restart


CONTROL PANEL

Microsoft Windows sejak awal sudah menyertakan Control Panel, begitu juga Windows Vista juga menyertakan Conrol Panel yang lebih lengkap dan interaktif. Dalam Windows Vista, setiap jendela selalu bisa diatur dari menu standar menjadi menu Clasic. Bagi mereka yang sudah terbiasa dengan Windows Vista, perpindahan dari standard ke clasic tidak ada masalah, karena di Windows Vista sendiri sudah tersedia fasilitas ini.
Dengan Control Panel pemakai bisa mengubah setting, menambah program baru, menghapus program yang tidak diperlukan, setting hardware dan sebagainya. Dengan kata lain Control Panel merupakan kumpulan fasilitas yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari yang sederhana, misalnya menambah dan menghapus Account hingga ke yang rumit, misalnya menambah hardware dan security.
1. Home Control Panel
Control Panel Windows Vista pada prinsipnya sama seperti Windows XP, hanya ada beberapa yang berubah dan penambahan beberapa komponen. Selain itu tampilannya juga sudah mengalami banyak perubahan, baik tampilan Clasic Menu maupun tampilan standar.
Melalui Control Panel ini Anda bisa menambah dan setting hardware baru, menambah dan menghapus Account, menambah dan menghapus program, menambah dan meghapus komponen Windows, dan sebagainya.
Seperti halnya pada Windows XP, Control Panel Windows Vista juga bisa dalam dua tampilan, yaitu tampilan Control Panel Home dan Clasic View.
2. Clasic View
Untuk melakukan berbagai perubahan, baik yang berhubungan dengan penambahan hardware, setting, menambah user, menambah dan menghapus komponen dan sebagainya akan lebih mudah dalam tampilan Clasic View. Tampilan ini digunakan bagi mereka yang belum mengenal dengan Microsoft Windows Vista.
Namun demikian baik tampilan Control Panel Home maupun Clasic View pada dasarnya sama saja. Jadi tidak ada perbedaan yang signifikan kecuali dalam hal tampilan saja.
Untuk pindah dari tampilan Control Panel Home ke Clasic View Anda cukup mengklik pilihan yang dimaksud, misalnya untuk menampilkan Control Panel dalam Clasic View, Anda cukup klik pilihan Clasic View, dan apabila Anda akan kembali ke tampilan standar, Anda cukup klik Control Panel Home.
FILE AND PRINTERS SHARING WINDOWS VISTA
Seperti halnya sistem operasi sebelumnya yang dikeluarkan Microsoft yang berhubungan berbagi file, dokumen, printer dan periferal sudah biasa dilakukan. Begitu juga dengan Windows Vista masalah berbagi ini adalah salah satu fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Karena dengan berbagai sumberdaya ini akan menghemat berbagai device dan sumberdaya yang ada.
Dengan Windows vista untuk keperluan mencetak data, mau mengkopi data, memanfaatkan CD-ROM atau CD-RW dan sebagainya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun demikian untuk memanfaatkan fasilitas tersebut komputer yang kita gunakan harus sudah terkoneksi ke dalam suatu jaringan, Local Area Network, Intranet atau pun Interet.
Mungkin di kantor atau di rumah Anda memiliki beberapa unit komputer dan satu diantaranya dilengkapi dengan Printer. Kemudian setelah Anda memasang jaringan, printer tersebut Anda pasang di komputer yang menggunakan Microsoft Windows Vista.
Sebenarnya secara default pada saat instalasi printer Windows Vista secara otomatis sudah bisa digunakan secara bersama atau sharing. Namun untuk menyimpan ketentuan tersebut langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Klik tombol Start
  2. Klik Control Panel
  3. Klik Network and Internet
  4. Klik File and Printer Sharing. Setelah itu Windows Vista akan menampilkan jendela File and Printer sharing.
  5. Beri tanda centang di depan pilihan Share my printer
  6. Beri tanda centang di depan pilihan Share files and folders in C:UsersPublic atau sesuai keinginan Anda.
  7. Klik tombol Save untuk menyimpan ketentuan tersebut
MENGENAL FIREWALL WINDOWS VISTA

Windows firewall dengan keamanan tambahan menjawab tantangan teknologi jaringan modern yang ada seperti IPsec and Network Access Protection. Windows firewall dengan keamanan tambahan, menawarkan keuntungan
  1. Mengurangi resiko ancaman keamanan jaringan. Windows firewall dengan keamanan tambahan melindungi computer dari serangan. Hal ini juga memastikan komputer lainnya dapat terlindungi.
  2. Perlindungan data dan hak cipta. Dengan integrasi IPSec, windows firewall akan mengecek keaslian dari pengguna, komunikasi, cakupan, akses bertingkat dan perlindugan data yang rahasia.
  3. Menigkatkan nilai tambah dan investasi.Windows vista telah menyertakan windows firewall dalam system operasinya seperti windows longhorn server dengan Active directory dan group policy. Windows firewall juga didisain dalam mendukung pihak ketiga dalam solusi keamanan dengan menggunakan scriptable application programming interface (API).
Lapisan keamanan ini dapat dikontrol melalui group policy atau  programming skrip untuk menyaring pemakai, computer atau aplikasi yang ada. IP sec dapat mengetahui keaslian pemakai, computer sebagai bagian dari kebijakan pengamanan. Semua ini menjadikan windows vista sangat cocok di implementasikan dalam organisasi.
MICROSOFT WINDOWS VISTA MENDUKUNG Ipv4 dan IPv6
Seiring bertumbunya organisasi, kebutuhan memperluas jaringan komputr menjadi perhatian penting. Sebagai conto, mereka mulai menggunakan IP (Internet Protocol) Address yang telah ada. Banyak organisasi menggunakan NAT untuk menambah jumlah IP address tertutup. Namun penggunaanya membutuhkan control yang lebih baik, disamping kemampuannya memndukung aplikasi yang masih baru. Sementara organisasi ingin membeikan layanan tambahan pada jaringan, seperti IPSec, mereka pun harus tetap memperhatikan kualitas dan kemampuan pemrosesan itu sendiri. Windows vista memndukung pengembangan jaringan ini dengan menghadirkan IPV6 dan hardware yang bisa diandalkan.
Sebagai jawaban atas terbatasnya aloksai IP (Internet Protocol) Address pada versi IPv4, banyak lembaga pemerintah, ISP (Internet Service Provider) dan berbagai perusahaan yang sudah memanfaatkan teknologi untuk mendukung bisnisnya mulai beralih menggunakan IPv6. Microsoft Windows Vista  mendukung kedua versi tersebut. Namun demikian IPv6 merupakan standar utama yang dimiliki Windows Vista, tanpa harus melalui konfigurasi administrator. Selain itu Microsoft Windows Vista juga mendukung PPPv6,  yang memungkinkan dilakukan akses jarak jauh oleh pengguna. Ini merupakan salah satu keuntungan dari teknologi Ipv6. Internet Protocol versi 6 ini memberikan keuntungan bagi pengguna, antara lain:
  1.  Alokasi alamat yang lebih luas. Pengalamatan 128 bit yang dapat dimanfaatkan lebih luas sebagai dukungan dan antisipasi bertambahnya jumalah pemakai internet dimasa depan.
  2. Pengalamatan yang lebih efisien. Degnan header yang lebih sederhana, dan mendukung pengalamatan secara hirarki. Ipv6 dapat membuat lalu lintas data lebih cepat dibanding pendahulunya
  3. Kemudahan konfigurasi. Ipv6 dapat mengkonfigurasi dirinya sendiri deang bantuan DHCPv6 server atau melalui lokal server untuk mendapatkan alamat statis.
  4. Keamanan yang canggih. IPV6 lebih menjamin keamanan dari penyusupan terhadap alamat dan port serta melakukan penyandian terhadap lalu lintas jaringan.
IPV4 dan IPv6 tetap didukung TCP/IP stac. Aplikasi yang berjalan pada IPv4 tetap dapat berfungsi seperti yang diharapkan.windows vista menerapkan fungsi soket yang bisa bekerja pada keduanya. Walaupun lebih diutamakan untuk IPv6. semua ini bisa diatur oleh administrator. Untuk memudahkan migrasi ke IPv6, Microsoft Windows Vista menggunakan Teredo IPv6 transition technology yang terletak dibelakan NAT.
MEMBUAT ACCOUNT WINDOWS VISTA
Anda dapat dengan mudah membuat, menghapus dan mengedit Account di komputer Anda. Account baru digunakan untuk membuat login ke Windows Vista sesuai dengan Account yang akan dibuat. Dalam hal ini biasanya disesuaikan dengan banyaknya pemakai komputer. Sedangkan untuk mengganti password, tampilan dan lain-lain dalam Account yang sudah dibuat Anda harus mengubahnya dengan cara mengeditnya.
Sedangkan apabila Anda sudah tidak memerlukan salah satu account Anda dapat menghapusnya dengan mudah. Pilihan ini diambil apabila Anda sudah tidak memerlukan Account tersebut.
Membuat Account Baru
Account dalam sebuah komputer baik terhubung ke dalam suatu domain atau tidak tetap merupakan hal yang sangat penting. Sebagai contoh apabila Anda memiliki satu komputer dengan sistem operasi Windows Vista, kemudian di rumah Anda ada bebeapa orang yang menggunakan komputer tersebut, maka otomatis masing-masing orang harus dibuatkan user atau Account sendiri-sendiri. Tujuannya adalah agar file dan dokumen diantara saudara atau teman dalam satu rumah tidak berantakan dan asal masuk saja. Selain itu tentu saja masing-masing orang harus dibuat otoritas sendiri sendiri.
Untuk membuat Account baru ada beberapa langkah atau prosedur yang harus dilakukan, untuk jelasnya langkah yang Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Klik Start
  2. Klik Control Panel. Setelah itu jendela Control Panel segera tampil dilayar komputer Anda.
  3. Klik User Accounts and Family Safety. Setelah Anda menekan tombol mouse jendela berikutnya segera tampil
  4. Klik User Accounts. Setelah itu jendela Account aktif segera tampil
  5. Klik Manage another aoounts. Setelah itu Windows Vista akan menampilkan Windows Security
  6. Klik Allow untuk menampilkan kendela Manage Accounts
  7. Klik Create a new account
  8. Setelah Anda mengklik Create a new account Windows Vista akan menampilkan jendela untuk menuliskan Account baru. Ketikkan Account aru Anda di kolom New Account Name, misalnya Putik
  9. Klik Standard user atau apabila Anda menginginkan tingkat otoritas Administrator, Anda pilih Administrator
  10. Klik Create Account atau Cancel untuk membatalkan. Untuk pilihan ini Anda kik Create Account untuk membuat Account baru bernama "Putik".
Membuat Password
Account yang sudah Anda buat sekarang sudah bisa diunakan, hanya saja masih belum dibuat keamanannya terutama password. Untuk itu buatlah password, caranya sebagai berikut:
  1. Klik Account yang baru Anda buat. Tujuannya adalah untuk menentukan tingkat keamanan dari user tersebut, isalnya untuk menentkan Account. Setelah itu akan tampil jendela Make changes to Putik's Account. Putik's adalah Account yang baru Anda dibuat.
  2. Klik Cange your password. Setelah itu akan tampil jendela Create a password for Putik's account.
  3. Ketikkan password Anda di kolom Type a new password, ketikkan misalnya "admin001"
  4. Ketikkan sekali lagi password Anda di kolom Type a new password again to conform, misalnya "admin001"
  5. Ketikkan kata sebagai pengingat password Anda di kolom Type a word or phrase tu use as a password hint, misalnya admin
  6. Klik Change Password.
  7. Dengan mengikuti langkah tersebut Anda sudah bisa membuat password. Sekarang user tersebut sudah bisa digunakan.

KOTAK DIALOG AUDIO DEVICE

Mungkin ketika pertama kali membuka Windows Vista akan terasa berbeda dibandingkan Windows Versi sebelumnya. Memang dalam beberapa hal Windows Vista beda, termasuk kotak dialog Audio Devices dan Sound Themes. Kotak dialog yang disediakan Windows Vista ini dapat digunakan untuk mengatur fasilitas yang berhubungan dengan setting audio, video, midi, cd musik, dan lain-lain. Dalam kotak dialog ini secara singkat berguna untuk berbagai beperluan sehari-hari, terutama yang berhubungan dengan Audio. Berikut ini akan dijelaskan beberapa fasilitas yang ada di kotak dialog Audio Devices Windows Vista.

Title bar
Title bar berisi nama kotak dialog, tombol Help yang simbolnya berupa tanda tanya, dan tombol Close.
Tab
Tab berisi pilihan-pilihan yang ada di kotak dialog
Properties
Untuk mengetahui lebih jauh dari suatu fitur atau fasilitas dan melalukan setting terhadap fasilitas yang dipilih. Dengan mengklik salah satu ikon, misalnya Master Volume, kemudian Anda klik Properties, maka setelah itu akan tampil kotak dialog dibawah mater volume tersebut. Di sini Anda bisa mengatur master volume sesuai keinginan, lalu klikOK untuk menutup kotak dialog tersebut dan kembali ke kotak dialog sebelumnya. Begitu juga untuk setting fitur lainnya, bisa Anda lakukan seperti yang sudah dijelaskan tadi.
Button Command
Button Command ini berisi beberapa pilihan, yaitu OK, Close dan Apply.Tombol Apply digunakan untuk merekam suatu perubahan yang terjadi. OK digunakan untuk menutup perubahan dan untuk sekaligus menyimpan perubahan tersebut, sedangkan Close digunakan untuk menutup kotak dialog tanpa menyimpan perubahan yang terjadi.





0 komentar: