Selasa, 07 Juni 2011

Sejarah Microsoft Windows


Microsoft pertama memulai pengembangan antar muka  Manajer ( sesudah itu dinamai Microsoft Windows ) pada September 1981. Walaupun Multiplan prototipe yang digunakan pertama dengan Menu Word-like pada bawah layar, antar muka telah diubah pada tahun 1982 menggunakan drop-down menu dan dialog kotak, seperti yang digunakan oleh Bintang Xerox.


Versi Microsoft windows di diskusikan seperti di bawah ini:

Windows 1.0

Microsoft akhirnya mengumumkan Windows pada bulan November 1983, dengan tekanan bahwa impian harus segera diwujudkan dari dan  Topview yang segera terjadi. Hal Ini terjadi setelah Apple Lisa di release ( tetapi sebelum Macintosh), dan sebelum  Digital Research mengumumkan  GEM,  pesaing lingkungan grafis yang lain. Windows menjanjikan suatu antar muka grafis sederhana, device-independent grafik, dan dukungan multitasking. Pengembangan telah tertunda beberapa kali, bagaimanapun, dan versi yang pertama tersedia bagi pasar konsumen ( setelah 55 tahun programmer dari pengembangan) pada bulanNovember 1985. Pemilihan dari aplikasi jarang, bagaimanapun, dan Windows penjualan adalah rendah hati. Yang berikut adalah fitur yang utama dari Windows 1.0:
  • Graphical user interface (GUI) dengan menu drop-down, tiled windows, dan mouse support
  • Device-independent screen dan printer graphics
  • Cooperative multitasking of Windows applications

Windows 2.0

Windows 2.0, diperkenalkan pada musim gugur tahun 1987, menyajikan peningkatan usabilitas  yang penting terhadap Windows. Dengan penambahan icon dan overlap jendela, Windows menjadi suatu lingkungan yang baik untuk pengembangan dari aplikasi utama ( seperti Excel, Word fork Windows, Corel Draw!, Ami, Pagemaker, dan Micrografx Designer). Penjualan telah menghimbau oleh runtime ( Lingkungan Aplikasi  tunggal) versi yang disediakan oleh penjual perangkat lunak yang mandiri. Ketika Windows/386 ( lihat bagian yang berikutnya) telah dilepaskan/ release, Microsoft memberikan nama Windows Microsoft 2.0 menjadi Windows/286 untuk konsistensi. Berikut ini adalah perubahan yang utama dari versi yang lebih awal dari Windows:
  • Overlapping windows
  • PIF files for DOS applications

Windows/386

Di akhir 1987, Microsoft merelease Windows/386,yang secara fungsional setara dengan Windows/286, dapat menjalankan berbagai aplikasi DOS secara serempak di extended memori. Berbagai mesin virtual DOS dengan premptive multitasking merupakan fitur baru dalam Windows dari versi sebelumnya.

Windows 3.0

Microsoft Windows 3.0, yang direlease pada bulan Mei 1990, melengkapi memeriksa secara seksama dari lingkungan Windows. Windows 3.0 dapat mengalamati memori di atas 640KB, dan mempunyai antar muka yang jauh lebih powerful, vendor perangkat lunak yang mandiri mulai mengembang;kan aplikasi Windows dengan tenaga (vigor). Aplikasi baru  yang powerful membantu Microsoft menjual lebih dari 10 juta salinan dari Windows, hal tersebut menjadikan GUI yang paling laris dalam sejarah komputasi. Berikut adalah perubahan yang utama dari versi Windows sebelumnya :
  • Mode Standard ( 286), dengan dukungan memori besar
  • Mode 386 Enhanced, dengan memori besar dan berbagai dukungan sesi DOS preempitve
  • Tidak tersedia versi runtime
  • Program Manajer dan File Manajer ditambahkan
  • Dukungan jaringan
  • Mendukung untuk lebih dari 16 warna
  • Aplikasi Programming Interface (API) mendukung untuk combo boxes, menu hirarkis, dan private .ini file

Windows 3.1
Microsoft Windows 3.1, yang direlease pada  April 1992, menyajikan peningkatan penting terhadap Windows 3.0. Dalam dua bulan pertama nya, menjual di atas tiga juta salinan, termasuk upgrade dari Windows 3.0. Berikut adalah perubahan yang utama dari Windows 3.0:
No Real (8086) mode support
Mendukung jenis tulisan (font) yang skalabel Truetype
Kemampuan Multimedia
Obyek Linking and Embedding ( OLE)
Kemampuan mem-boot kembali aplikasi
Mouse Trails untuk mempermudah mouse menggunakan  peralatan display LCD
Perlindungan Interapplication  lebih baik dan diagnostik kesalahan yang lebih baik
Mendukung  API multimedia dan networking
Kompabilitas API level source dengan Windows NT


Windows 95

Windows 95 direlease pada Agustus 1995. Diarahkan pada pangsa pasar desktop, hal ini sangat berbeda dengan Windows 3.1 dan tidak lagi mensyaratkan DOS yang terpisah. Di rancang   untuk tetap berjalan bersama dengan Windows NT, yang menawarkan tingkat yang lebih besar dari kompabilitas mundur dengan perangkat lunak dan  driver yang lebih tua (terdahulu), atas biaya stabilitas dan keamanan dari Windows NT yang lebih besar. Fitur baru adalah sebagai berikut:
·         Sesuatu yang baru, lebih Object-oriented GUI
·         WIN32 API yang baru
·         Preemptive multitasking dari aplikasi Win32
·         Model memory flat 32-bit
·         Protected memory
·         Mendukung Built-in networking, termasuk dukungan dial-up
·         Model driver 32-bit yang baru


Windows 98

Windows 98 direlease sebagai sebuah upgrade terhadap Windows 95. Windows 98 memiliki kesamaan antar muka (interface) dan fitur dari Windows 95, tetapi juga menyertakan update berikut ini:

  • 32-bit allocation system (FAT32) yang tidak hanya mengijinkan drive hard disk lebih besar dari 2GB, tetapi juga penggunaan disk space yang lebih efisien, mengijinkan file untuk di-load lebih cepat dan mengambil tempat yang lebih sedikit; FAT32 dapat membaca drive hard disk sebesar 2TB (2000GB)
  • Dukungan untuk peripheral Universal Serial Bus (USB)
  • Dukungan untuk WebTV (sejak saat itu berubah menjadi MSN TV)
  • Dukungan untuk lebih dari satu monitor
  • Microsoft Web Server
  • Microsoft Task Scheduler

Beberapa fitur ini juga tersedia dalam versi Windows terbaru (dikenal dengan OSR2) yang telah didistribusikan dengan PC baru pada tahun 1998. OSR2 tidak pernah tersedia untuk penjualan ritel.

Pada 1999, Microsoft merelease Windows 98SE (Second Edition), yang meningkatkan Windows dan juga ditambahkan fitur sebagai berikut:
  • Dukungan untuk DVD-ROM
  • Internet Connection Sharing (ICS)
  • Meningkatkan waktu startup untuk program
  • Meningkatkan dukungan USB


Windows Me


Windows Me, atau Millenium Edition, di release tahun 2000 sebagai upgrade dari Windows 98SE. Sangat mirip dengan pendahulunya, Windows Me menyertakan kemampuan home networking baru, video capture dan editing, dan mekanisme baru untuk pemugaran system dalam keadaan darurat.

Microsoft menggantikan Windows Me dengan Windows XP, yang digambarkan dibawah.

Windows NT

Catatan : Untuk alas an keamanan dan support, UITS merekomendasikan penggunaan Windows 2000 Profesional atau Windows XP Profesional, daripada NT Workstation 4.0 pada jaringan Universitas Indiana. Windows NT 4.0 memasuki fase daur hidup yang ditingkatkan. Hal ini mempunyai arti bahwa tidak lagi dipertimbangkan sebagai mainstream teknologi , dan support akan menjadi lebih dibatasi selama fase ini. Untuk informasi lebih lanjut, lihat halaman Petunjuk Daur Hidup Product Desktop Microsoft Windows pada :
Windows NT adalah produk terpisah dari Windows 3.x, Windows 95, dan Windows 98.  Di arahkan pada pangsa pasar perusahaan, untuk digunakan pada workstation dan server yang high-end. Versi pertama, 3.1 dan versi 3.5 dan 3.51, menggunakan antar muka yang sama dengan Windows 3.1. Versi 4.0 menggunakan antar muka yang diperkenalkan pertama kali dengan Windows 95.
Windows NT 4.0 menawarkan fitur baru sebagai berikut:
  • Dukungan NTFS file system
  • Model keamanan (security model)
  • Remote Access Server (RAS)
  • Subsystem OS/2 dan POSIX
  • Kemampuan untuk berjalan pada prosesor Intel, Alpha, MIPS dan Motorola
Windows NT 4.0 terdiri dari dua versi : Advanced Server dan Workstation. Versi Advanced Server dengan software tambahan yang mengijinkannya untuk menunjukkan aturan dari server enterprise. Advanced server memiliki fitur berikut dalam tambahan yang ditemukan pada versi Workstation :
  • Software untuk menkontrol dan mengatur domain
  • Internet Information Server (IIS)
  • Dukungan untuk produk Microsoft BackOffice
  • Software server DHCP, DNS dan WINS
Windows 2000
Windows 2000 di release sebagai update atas Windows NT 4.0. Windows 2000 bukan upgrade dari Windows 98 atau 98SE.
Windows 2000 dibangun pada Windows NT dan menawarkan peningkatan sebagai berikut:
  • System operasi full 32-bit
  • Dukungan untuk NTFS atau FAT32, dengan dukungan untuk drive hard disk sebesar 32GB ketika menjalankan FAT32.
  • Windows File Protection, yang menjaga aplikasi yang di install dari penghapusan file system yang penting.
  • Mengurangi beberapa skenario reboot, termasuk instalasi program yang mensyaratkan sebuah reboot untuk perbaikan fungsi.
  • Dukungan untuk sampai 4GB Random Access Memory (RAM)
  • Microsoft Management Console (MMC)
  • Internet integrasi yang lebih kuat dengan Internet Explorer 5.0.1
Terdapat tiga versi Windows 2000 yang berbeda : Professional, Server dan Advanced Server. Professional di rancang untuk system desktop dan laptop,baik stand-alone dan network, untuk penggunaan individual. Server di rancang untuk menjalankan file dan printer servers. Advanced server di rancang untuk menjalankan server dengan lebih powerful; Advanced server telah mendukung tambahan RAM 4GB.
Windows XP
Di release pada akhir tahun 2001, Windows XP menggantikan tempat Windows family 95/98 dan NT.
Didasarkan pada kesamaan kode yang gunakan untuk membuat Windows 2000, XP terbagi dalam dua versi workstation pada saat diluncurkan : Home dan Professional. Kedua versi  menyatukan fitur Windows 2000. Sejak peluncuran asli nya, tiga edisi baru dari Windows XP telah di release. Termasuk diantaranya Media Center Edition, Tablet PC Edition, dan XP Professional x64 (64-bit) edition
Catatan : Jika anda ingin meng-upgrade versi Windows terdahulu ke XP, UITS merekomendasikan sebuah intall bersih (clean install) daripada upgrade tradisional, dalam kaitan perbedaan yang kuat antara family sistem operasi yang terdahulu dengan Windows XP.

Windows XP Home Edition
Windows XP Home Edition telah menggantikan Windows 95, 98 dan Me.
Beberapa fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Windows XP Home Edition diantaranya:
  • Cepat, mudah berpindah antar user (pengguna) pada computer yang sama tanpa perlu menutup aplikasi
  • Luna, desktop dengan rancangan terbaru, yang mana menaruh fitur-fituryang sering digunakan pada lokasi yang paling mudah ditemukan pada menu Start.
  • Peningkatan Windows Media Player , yang mengintegrasikan playback DVD, organisasi musik, dan burning CD.
  • Windows Messenger, yang menawarkan built-in pengiriman pesan  secara cepat melalui internet.
  • Windows Movie Maker, yang menawarkan built-in video capture dan editing
  • Internet Explorer 6, versi dari Microsoft web browser terkini.
  • Remote Assistance, yang mengijinkan tehnisi untuk mengambil kontrol komputer sementara untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah, atau untuk mendemonstrasikan fitur-fitur.
  • System Restore, yang mengijinkan komputer untuk menyimpan kembali dirinya terhadap konfigurasi yang terkini jika terjadi sesuatu kesalahan.
  • Network Setup Wizard, mengijinkan setup yang lebih mudah untuk home network untuk file, printer dan Internet connection sharing.

Windows XP Professional Edition
Windows XP Professional Edition telah menggantikan Windows NT dan 2000. Sebagai tambahan terhadap fitur-fitur dari Home edition, yaitu menambahkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan efisiensi networking dan task:
  • Remote Desktop, yang mengijinkan pembuatan virtual session pada satu computer dari computer lain melalui internet
  • Encryting File System, yang menawarkan keamanan yang lebih baik dengan file key-encrypting secara transparan
  • Fast resume dari Hibernation, yang mengijinkan bekerja untuk resume yang cepat dan menyimpan waktu hidup batery pada komputer laptop.
  • Dukungan untuk networking 802.1x untuk networking wireless yang lebih aman.

Windows Server 2003
Windows Server 2003 di release sebagai sebuah upgrade terhadap Windows 2000 Server. Fitur-fitur tambahan pada Windows Server 2003 diantaranya:
  • Meningkatkan ketergantungan
  • Built-in support untuk web services
  • Runtime common language mengurangi jumlah bug dan lubang keamanan yang disebabkan oleh kesalahan pemrograman yang sering terjadi
  • Dukungan untuk prosesor 32-bit dan 64-bit (tergantung pada versi)
  • Symmetric multi-processing support sampai dengan prosesor 64
  • Dukkungan sampai dengan RAM 512GB

Terdapat beberapa versi Windows 2003 Server yang berbeda yaitu: Standard Edition, Enterproses Edition, Datacenter Edition, Web Edition dan Small Business Server 2003.

0 komentar: