Selasa, 07 Juni 2011

Macromedia Flash MX



Kata Pengantar

Macromedia Flash MX adalah aplikasi web yang banyak di gunakan untuk pembuatan web–web yang interaktif dan animatif. Kemampuanya sangat membantu dalam pembuatan web yang dapat menampilkan animasi dan desain yang bagus sehingga web kelihatan lebih menarik dan banyak di kunjungi.

Kelebihan–kelebihan yang ada akan adnda dapatkan pada Macromedia Flash MX yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya di antaranya adalah tampilan interface yang lebih memudahkan untuk di operasikan, penambahan library yang lebih banyak dan lebih menarik, Action Script yang lebih banyak dan mudah untuk di pelajari dan di samping fasilitas yang sudah ada sebelumnya.

Dengan fasilitas yang ada pada Macromedia MX ini akan membantu sekali dalam membuat suatu web yang mempunyai kualitas yang bagus dan professional yang pada kenyataan sekarang suatu web tidak hanya di tuntuk fasilitas yang tersedia tapi juga suatu tampilan yang sangat menarik sehingga para pengunjung web sebagai user akan lebih tertarik dan mudah untuk mnggunakan web kita.

Melihat kenyataan ini, dengan buku Tutorial Macromedia Flash MX penulis berusaha mengenalkan dan membahas lebih dalam akan kemempuan Falash MX yang sangat lengkap ini.

Buku ini di susun secara terurut membantu dalam mempelajari dan mendalami Macromedia Flash MX. Buku ini di buat semudah mungkin dengan menampilkan gambar-gambar sehingga sangat membantu mempelajarinya.

Penulis menyadari dalam pembuatan buku ini masih penuh dengan kekurangan-kekurangan sehingga mohon kritik dan saran dari semua sehingga di masa depan akan lebih baik lagi kualitasnya

Penulis juga banyak mengucapkan kepada semua yang telah membantu dalam pembuatan buku ini terutama kepada tuhan YME, kepada orang tua dan saudara serta rekan semua. Tak lupa penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para pembaca buku ini.

Penulis
Mohamad Saefudin, SKom

























Daftar Isi

                                                                                                                        Halaman:
Pengantar.................................................................................................................. i
Daftar Isi.................................................................................................................. ii
BAB I Pendahuluan
1. System Requirements.............................................................................. 1.
            2. Installasi Flash MX.................................................................................. 2

BAB II Pengenalan Macromedia MX.................................................................. 1
           1.1 Pendahuluan.......................................................................................... 2
            1.2 Dasar-dasar Flash MX........................................................................... 3
            1.3 Objek Pada Flash MX........................................................................... 4
            1.4 Library................................................................................................... 5
            1.5 Time Line............................................................................................... 6
            1.6 Stage...................................................................................................... 7

BAB III Membuat dan memodifikasi Objek....................................................... 9
            2.1 Membuat Objek................................................................................... 10
                  2.1 1 Menggunakan Line Tool............................................................. 11
                  2.1.2 Menggunakan Pencil Tool.......................................................... 12
                  2.1.3 Menggunakan Brush Tool........................................................... 13
                  2.1.4 Menggunakan Oval Tool............................................................ 14
                  2.1.5 Menggunakan Rectangle Tool.................................................... 15
                  2.1.6 Menggunakan Pen Tool.............................................................. 16






PENDAHULUAN


Halaman ini berisi tentang petunjuk beserta persyaratan yang dibutuhkan dalam installasi danpengoperasian Flash MX.

System Requirements
Dibawah ini merupakan hardware dan software yang dibutuhkan dalam penginstallasian danpengoperasian FlashMX.
Hardware : - Intel Pentium 200 MHz.
- 64 MB RAM (128 MB dianjurkan).
- 85 MB disk space.
- CDROM drive.
- Monitor dengan warna 16-bit dan mampu resolusi sebesar 1024x768. (minimal
monitor 15” dengan resolusi 800x600).
Software (OS) : - Windows 98 SE, Windows ME, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP.

Installasi Flash MX
Ikuti petunjuk berikut untuk installasi Flash MX.
1. Masukkan CDROM Flash MX ke dalam CDROM drive.
2. Lalu dari Windows Explorer cari drive CDROM Anda.
3. Dari drive CDROM Anda, pilih file Flash MX Installer.exe (Setup.exe).
4. Lalu ikutilah petunjuk installasi yang telah disediakan.
5. Jika diminta untuk restart computer, maka Anda harus merestart komputer Anda.









Macromedia Flash MX adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang di gunakana untuk membuat animasi yang di gunakan untuk tampilan pada web. Animasi yang terbentuk bias berupa Text atau berupa Movie. Selain itu Aplikasi ini dapat juga di gunakan untuk presentasi multi media yang interaktif seperti halnya Power Point bahkan lebih baik. Flash Movie di kenal dengan Shockwave Flash file atau SWF File
Pada Waktu anda membuka tampilan Macromedia Flash MX pertama kali akan muncul tampilan movie kosong
Bagian utama tampilan Falsh MX adalah:

·         Tool bar ada;ah bagian yang di gunakan untuk membuat objek baik berupa gambar, garis, atau text. Bgian Toolbar akan di bahas lebih lanjut
·         Stage adalah bagian yang di gunakan untuk menempatkan objek tampilan yang kita buat
·         Timeline adalah bagian untuk membuat animasi di mana berisi frame, layer dan Scane

Objek Pada Flash
Pada waktu anda membuat suatu movie flash anda menggunkan objek baik berupa gambar, garis atau text yang anda tempatkan pada bagian stage

Library
Di gunakan untuk menyimpan symbol yang di gunakan untuk mpembuatan movie. Symbol ini merupan objek baik yang menggunakan objek gambar (vector atau bitmap), tombol ,suara dan movie. Penggunaan objek yang berul;ang ulang akan memperbesar ukuran file Symbol yang di gunakan berulang ulang tidak akan memperbesar ukuran file. Setiap salinan symbol di pakai pada stage di namakan Instance. Untuk menampilkan kotak library arahkan mouse pada menu Window > Library atau tekan Tombol F11 Pada Keyboard



TimeLine
Merupakan Kompnen Penting dalam pembuatan suatu animasi. Time lline terbagi menjadi tiga bagian yaitu Scane, Layer dan Frame
Seperti anda membuka sebuah buku maka time line merupakan daftar yang interaktif. Scane seperti sebuah bab pada buku itu. Dan frame merupakan seperti sebuah ahalaman. Dan layer merupakan kesatuan dari halaman suatu frame. Maka animasi merupakan suatu pergerakan mengikuti daftar isi berisi halaman-halaman terurut dengan tidak memperlihatkan halaman-halaman di baliknya dengan tangan.



Stage
Stage merupakan tempat untuk elemen-elemen grafik yang membuat suatu movie. Stage sering di sebut kanvas di gunakan sebagai objek pembuatan animasi. Segala Pemikiran  tentang pembentukan animasi maupun gembar di buat pada bidang ini.
Anda dapat merubah ukuran stage ini sesuai kebutuhan
Langkah mengubah ukuran stage dan latar be;lakang warna stage:
1.      Arahkan mouse pada menu Modify> Document atau anda bias gunakan tombol CTRL+J pada keyboard
2.      Setelah muncul sebuah kotak menu berisi  document properties ubahlah apa yang anda kehendaki baik Width (lebar), Height (tinggi), Background Color (latar Belakang Warna Stage) ataupun Frame Rate (kecepatan Frame)




Toolbar
Tolbar dapat di gunakan untuk memuat Objek baik berupa garis, gammbar berupa lingkaran, persegi maupun bentuk lain. Dengan penambahan pada kolom option maka akan ada pilihan




Arrow Tool
Tool ini digunakan untuk memilih suatu objek atau untuk memindahkannya.
Subselection Tool
Tool ini digunakan untuk merubah suatu objek dengan edit points.

Line Tool
Tool ini digunakan untuk membuat suatu garis di stage.
Lasso Tool
Tool ini digunakan untuk memilih daerah di objek yang akan diedit.
Pen Tool
Tool yang digunakan untuk menggambar dan merubah bentuk suatu objek dengan
menggunakan edit points (lebih teliti & akurat).
Text Tool
Tool ini digunakan untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.
Oval Tool
Tool yang digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran.
Rectangle Tool
Tool yang digunakan untuk menggambar sebuah segiempat.
Pencil Tool
Tool ini digunakan untuk menggambar sebuah objek sesuai dengan yang Anda sukai.
Tetapi setiap bentuk yang Anda buat akan diformat oleh Flash MX menjadi bentuk
sempurna.
Brush Tool
Tool ini sering digunakan untuk memberi warna pada objek bebas.
Free Transform Tool
Tool ini digunakan untuk memutar (rotate) objek yang Anda buat atau mengubah bentuk
objek menjadi bentuk lain.
Fill Transform Tool
Tools ini digunakan untuk memutar suatu objek yang diimport dari luar lingkungan Flash
MX, serta untuk mengatur efek warna.
Ink Bottle Tool
Tool ini digunakan untuk mengisi warna pada objek yang bordernya telah hilang (tidak
ada).
Paint Bucket Tool
Tool ini digunakan untuk mengisi warna pada objek yang
dipilih.
Eraser Tool
Tool ini digunakan untuk menghapus objek yang Anda bentuk.

Menggunakan Line Tool
line tool digunakan untuk membuat garis lurus, segitiga, persegi panjang dan lain-lain.
Langkah-langkah menggambar garis:

1.      Pada Toolbox, pilih Tool line  (atau Ketikan “N” pada Keyboard)
2.      Gambarlah garis-garis pada stage dengan mengklik tombol mouse lalu geser ke daerah sekitarnya akan terbentuk suatu garis. Gunakan berulang-ulang untuk membuat objek

Menggunakan Pencil Tool
Pada Pencil tool Terdapat tiga macam cara menggambar bentuk bebas yaitu:
·         Straighten: menggambar bentuk yang kaku
·         Smooth: Menggambar bentuk menyerupai kurva / di perhalus
·         Ink: Menggambar bentuk seadanya


Langkah menggambar bentuk bebas:
1.      Psda toolbox, pilih pencil tool (atau ketikan “Y” pada keyboard)
2.      Lalu gambarkah sebuah pesegi panjang pada stage, gunakan option yang ada sksn menghasilkan bentuk garis berbeda-beda.

0 komentar: