Sabtu, 21 Januari 2012

14 masalah komputer lambat

Yang namanya komputer kalau sering di gunakan pasti performanya akan menurun. lain halnya jika kita baru membeli atau baru menginstal SO komputer. kecepatanyanya pasti terasa sekali sampai kita senyum-senyum melihat kemampuan komputer kita. Tapi lama kelamaan kenapa komputer kita tidak seperti dulu..(hiks.. ternyata kau sudah berubah)..
jika kelambatan itu sudah mulai terasa. alangkah baiknya kita jangan berdiam diri saja. Apalagi jika komputer kita terserang virus rasanya pengen muntah. Dan pengen di bakar aja tuh komp kalau virusnya gk di delete.
jika tidak di rawat dengan baik masalah ini mungkin akan tambah parah. untuk komputer sekelas High end mungkin masih stabil, mindle end mungkin lumayan (lumayan ancur), low end mungkin di jual aja..
untuk mengetahui masalah – masalah yang umum terjadi dan cara pencegahannya ada di sini toubleshooting komputer melambat
atau bisa baca di bawan ini.
1. Adanya Spyware & Virus
Spyware Berhasal dari berner & iklan yang akan masuk dengan mudah pada komputer dan akan langsung berinteraksi dengannya. Yang akan melelambat kerja komputer.
Penaggulangan dengan cara
Memakai Firefox untuk membrouse halaman WEB
Gunakan anti spyware & adware 2. Processor mengalamai overheting
Temperatur processor yang melampaui batas dapat mengakigbatkan processor berjalan lambat. Penyebabnya Fan motor yang sudah tidak berjalan dengan maksimal.
Penanggulangan dengan cara
Bersihakan fan motor dari debu
Ganti fan motor yang sudah Jiggling dan rusak
Pasanglah sebuah fan motor yang ukurannya lebih besar dari yang biasa dipakai (aslinya)
3. Ram yang buruk
RAM yang buruk dapat mengalami overheat seperti processor yang dapat melambat keinerja komputer. Dikarenakan ram timming yang lambat, ram terlalu panas dan chip yang tidak bagus.
Penaggulangan dengan cara
Saran saya membeli memori RAM yang bagus
Gunakan fan motor pada cassing.
Membeli ram yang bekapasitas lebih besar.
4. Hardisk yang fail
Jika hardisk sering mengalami failure, ini juga akan memperburuk performa komputer, penyebabnya bisa bersifat mekanis, update bahkan elaktronik.
Penaggulangan dengan cara
Priksa hardisk dengan scandisk.
Perbaikilah hardisk yang bunyinya semakin berisik
Jangan terlalu banyak mengistall jika hardisk berbunyi
5. Disk Fragmentation
Banyak sebuah file – file yang tidak beraturan & berantakan sehingga hardisk lambat membaca sebuah file, disebabkan komputer menalami proses file di edit, hapus, add.
Penanggulangan dengan cara
Mendefrag hardisk dengan Disk Defragment. Atau Defrag.exe
Simpan sebuah file pada kelompok yang semestinya.
6. Adanya file temporary
File –file temporary berasal dari kebiasaan kita membuka document, web, dan aplikasi.  Jika tidak di hapus maka akan memenuhi hardisk kita dan mengurangi performa computer.
Penanggulangan dengan cara
Aktifkan show hiden pada folder options
Hapus file temporary pada (C:\Documents and Settings\Administrator\local Settings\Temp\)
Dan (C:\Documents and Settings\Administrator\Local Settings\Temporary Internet File\)
7. Banyaknya Proses di startup
Pada saat anda menyalakan computer pertama kali pasti ada beberapa aplikasi yang di jalankan secara automatis. Dan pasti akan melambat proses startup. Dan Kita pasti malas menunggu jika ada aplikasi yang tidak penting jalan di computer kita.
Penanggulangan dengan cara
Buka RUN ketikan msconfig –plih tab STARTUP – hilangkan centang pada aplikasi yang gk penting/gk dibutuhkan
8. Proses Yang Invisible
Biasanya ada beberapa proram yang berjalan di memori (tak tampak pada layar) tetapi aplikasi program tersebut sudah di uninstall sehingga memori menjadi penuh.
Penanggulangan dengan cara
Melihat program tersebut pada task manager, dan kita bisa end task kan atau kill, lalu kita bisa hapus .exe nya
Jangan mendelete sebuah aplikasi jika perlu di uninstall aplikasi tersebut
9. Bios Setting
Biasanya ada proses perlambatan beberapa detik pada saat booting, oleh karena itu kita dapat mengcustom bios setting agar performa kerja proses boot bisa dipercepat,
Penanggulangan dengan cara
Mengubah setting bios yaitu, boot langsung ke hardisk, disable IDE drive yang tidak terpakai, matikan IO perangkat onboard yang tidak terpakai
10. Background Application
Semakin banyak icon yang terpasang di systray itu menyebabkan komputer semakin lambat merespons proses, karena memory banyak yang terpakai untuk proses itu.
Penaggulangan dengan cara
Mematikan / menon aktifkan key yang tidak diperlukan dengan mengakses registry: HKEY_ LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
11. Efek tema yang berlebihan
Banyak cara untuk membuat tema kita tampil sekeren mungkin. Tetapi tanpa kita sadari itu membuat beban memori bertambah. Untuk computer sekelas middle end atau low end kelambatan itu pasti akan sangat terasa sekali.
Penaggulangan dengan cara
Alangkah baiknya menggunakan tampilan standart windows
Gunakan aplikasi tema yang tidak memberatkan kinerja memori
12. Windows Services
Service tersebut bisa di akses dari control panel, administrative tools dan service.
Penaggulangan dengan cara
service yang tidak diperlukan yang bisa hentikan, dengan begitu kita bisa menghemat RAM yang terpakai di komputer dan otomatis komputer bisa berjalan lebih baik, contoh:  FTP 2. Indexing Service, Remote Registry
13. Disk type/controller compatibility
Biasanya motherboard sekarang sudah memiliki kontroler yang baik untuk paralel ATA disk, namun kita harus memperhatikan kabel IDE nya, karna kabel ini memiliki beberapa spesifikasi tertentu, ada yang udma 33, 66, dan 100, kalau kita lihat secara fisik, bentuk kabelnya memiliki serabut yang halus halus dan banyak, sedangkan yang udma 33 serabutnya sedikit,
Penaggulangan dengan cara
Gunakanlah kabel yang memiliki spesifikasi yang tinggi
Gunakan motherboard yang sudah dilengkapi dengan SATA disk controler yang lebih cepat dari PATA
14. File system issues
NTFS memiliki performa yang lebih baik daripada Filesystem sebelumnya misalnya FAT32, dimana fat32 ini dari sisi performance dia hanya mampu menangani disk yang berkapasitas 32GB dengan ukuran cluster default, jika filesystem fat32 berjalan pada disk yang berukuran besar maka akan sering terjadi fragmentasi dan menurunnya performance pc. Format dan ukuran cluster juga berpengaruh, misalnya saja, kita mempunyai disk 60GB lalu memformat disk tersebut dengan ukuran cluster 512 bytes, hal ini akan menyebabkan disk akan memakai banyak cluster dimana harddisk akan sering melakukan track and seeknya, dan ini akan menjadi problematik saat harddisk pada saat disk mengalami framgentasi yang banyak, salah satu solusinya adalah menggunakan cluster yang lebih besar,
Penaggulangan dengan cara
jika kita tidak membutuhkan model nama file lama, kitabisa menghentikan ntfs untuk tidak membuatnya

0 komentar: