Kamis, 19 Januari 2012

MAINTENANCE KOMPUTER


I. PENDAHULUAN,
Memakai lebih mudah ketimbang merawat. Itulah yang terjadi pada Personal Computer (PC). Adaide sederhana cara merawat PC yang baik. Selintas memang kegiatan merawat PC ini terdengar remeh. Padahal, daya tahan suatu PC sangat bergantung pada bagaimana kita menggunakan dan merawatnya. Memanajemen PC biasanya identik dengan memanajemen data yang ada di dalamnya. “Melakukan defragmentasi, membersihkan dari spyware, virus, worm dan sejenisnya, itu yang biasa dilakukan user PC. Perawatan lebih banyak difokuskan pada data pada hard disk. Sedikit dari kita yang sadar bahwa perawatan dari luar juga tidak kalah penting,” ungkap Laurianne McLaughlin, seorang pengamat Teknologi Informasi (TI) asal Bostonseperti yang dikutip PC World belum lama ini. Kalau kebersihan PC dari luar saja kurang terjaga, dapat dibayangkan bagaimana bagian dalamnya.Berikut sejumlah kiat sederhana bagaimana sesekali kita dapat memanjakan PC.
II.   MAINTENANCE KOMPUTER BAGIAN LUAR
II.1.   Bersihkan PC dari debu. Aktivitas ini memang terkesan sepele dan mudah sekali. Akan tetapi perlu diingat bahwa sebagai negara beriklim tropis dengan tingkat kelembapan tinggi, cuaca diIndonesia  sangat mengundang debu. Gunakan kain lembut untuk mengelap peranti PC. Pada celah kecil yang sulit dicapai, pakailah cotton bud. Noda yang agak sulit dihilangkan seperti akibat tumpahan kopi pada keyboard, bisa coba dihilangkan dengan tisu lembap yang tidak terlalu basah.
II.2.  “bongkar” semua yang tersembunyi dari keyboard. Celah tidak beda dengan sofa.  Keduanya sama-sama menyimpan segudang benda dan kotoran. Kalau dibongkar maka di balik sebuah keyboard tersembunyi begitu banyak jenis noda kotoran yang luar biasa. Kian tebal kotoran di balik celahnya, kian sulit tombol difungsikan.
II.3.   Jangan melupakan printer. Sesekali bukalah semua peranti printer agar udara segar masuk ke dalamnya dan kelembapan bisa ditekan. Untuk membersihkan bagian luar printer, gunakan kain lembap.
II.4.   Sayangilah monitor Anda. Agar pandangan ke layar monitor bisa optimal, bersihkan layar dengan teliti, bukan asal bebas debu dengan bulu ayam atau kain kering. Lepaskan semua kabel yang melekat di monitor. Lap dengan teliti dan perlahan sampai debu terkecil hingga cetakan sidik jari hilang dari permukaannya.
II.5.  Jangan lupakan mouse. Bagian bawah mouse yakni roller ball perlu mendapat perhatian ekstra. Roller ball yang kotor dapat mempersulit gerakan mouse dan berimbas pada kursor.
III.   PERAWATAN BAGIAN DALAM
Setelah bagian luar PC dibersihkan, kini giliran bagian dalamnya. Untuk menghindari virus langkah update dilakukan sekurangnya setahun sekali. Bagi pemilik Norton Anti-Virus, misalnya, ada biaya tahunan yang harus dibayar, namun itu juga program antivirus. Perbarui juga selalu sistem operasi seperti Windows atau Linux.
Pada PC yang terkoneksi internet, update harus selalu dilakukan. Pada Windows XP, misalnya, klik menu Start dan klik kanan pada My Computer. Pilih opsi Properties, Automatic Updates. Update akan dilakukan secara otomatis setiap hari, termasuk update program teranyar. PC yang terhubung ke internet membutuhkan kewaspadaan lebih tinggi. Jalankan program “I Spy”, suatu program yang memantau keberadaan spyware.
Pada akhirnya, berjalan baiknya personal komputer kita, adalah tergantung dari bagaimana kita memperlakukan personal komputer tersebut. Makin seringnya kita melakukan perawatan baik luar maupun dalam, dan makin perhatiannya kita kepada personal komputer yang ada, maka makin sempurnalah komputer tersebut beroperasi.

0 komentar: