Sabtu, 21 Januari 2012

Membaca Tab Performance Task Manager

Kita tentu ingin mengetahui informasi apa saja yang diberikan oleh Task Manager, khususnya pada tab performance.  Untuk mengaktifkan Task Manager, tekan kombinasi tombol ctrl+alt+del. Atau lakukan klik kanan pada taskbar dan memilih Task Manager. Jendela Task Manager akan tampil. Klik tab Performance.

CPU Usage
Grafik yang menunjukkan waktu yang dibutuhkan prosesor dalam bekerja. Ditampilkan dalam persen. Jadi, konter ini adalah indikator dari kegiatan prosesor pada saat ini. Jika prosesor kita sedang sibuk bekerja, maka indikator akan naik. Dan dapat dipastikan komputer akan berjalan dengan lambat.
CPU Usage History
Fungsi indikator ini untuk melihat sejarah pemakaian CPU. Ditampilkan dalam bentuk grafik. Tampilan grafik bergantung pada setting-an pada Update speed dalam menu View.
High = dua kali per detik
Normal = satu kali per dua detik
Low = satu kali dalam 4 detik
Pause = tidak di-update
PF Usage
Jumlah paging file (PF) yang dipakai oleh sistem. Jika komputer mendekati memory maksimum, kita dapat meningkatkan ukuran page file. Pada gambar di atas adalah 153 mb.
Page File Usage History
Grafik untuk menunjukkan jumlah dari pagefile yang telah digunakan. Grafik ini juga terpengaruh dengan setting-an update speed pada menu View.
Totals
Bagian ini akan memberikan informasi tentang jumlah total handles, threads, dan processes yang sedang dijalankan oleh komputer.
Commit Charge (K)
Pada kelompok Commit Charge akan terdapat beberapa info. Total adalah memory yang dialokasikan untuk program dan sistem operasi. Oleh karena memory dikopi ke paging file, (sering disebut juga dengan
nama virtual memory), maka nilai Peak dapat melebihi dari ukuran maksimum memory fisik.
Nilai total adalah sama dengan yang digambarkan dalam grafik Page File Usage History. Pada contoh, Total adalah 156932, limit 492368, dan peak 173104.
Physical Memory (K)
Mewakili total physical memory (disebut juga dengan RAM) yang terpasang pada komputer. Pada contoh adalah 309896. Available mewakili jumlah memory bebas yang masih bisa dipakai.
Pada contoh adalah 309896.
System Cache
menunjukkan physical memory saat ini yang dipakai untuk map paged (paging file) file yang terbuka (dipakai). Pada contoh adalah 386336.
Kernel Memory (K)
Total adalah memory yang dipakai oleh sistem operasi kernel dan device driver. Pada contoh adalah 48908.
Paged
adalah memory yang dapat dikopi ke paging file, oleh karena itu dapat membebaskan memory fisik. Memory fisik (RAM) yang telah dibebaskan, kemudian dapat dipakai oleh sistem operasi untuk aktivitas lain. Pada contoh adalah 39724. Nonpaged adalah memory yang tetap harus ada (resident) di memory fisik dan tak dapat dikopi ke paging file. Pada contoh adalah 9184.

0 komentar: