Kamis, 22 Maret 2012

Apa Itu Enterprise Information Integration (EII)

apa itu eiiEII adalah sebuah singkatan dari Enterprise Information Integration. Pada dasarnya, EII menarik data dari berbagai sumber untuk membuat presentasi tunggal. Menyusun data yang bersifat read-only, sehingga bersifat not read-and-write. Dengan kata lain, EII membuat salinan sementara dari semua data yang ia akses, meninggalkan data asli di tempat mereka sementara secara virtual mentransfer “snapshot” dari data ke sistem tujuan untuk melaporkan tujuan dari pengguna akhir. caching data virtual ini mungkin fitur yang paling unik dari EII.

EII diimplementasikan melalui Internet. Tidak seperti jenis lain seperti integrasi EAI, EII memungkinkan akses ke data dalam tiga format: terstruktur, semi-terstruktur, dan tak terstruktur. Data terstruktur termasuk koleksi server berbasis informasi, seperti Oracle, SQL Server, dan Sybase. Data semi-terstruktur adalah email dan spreadsheet dan data tidak terstruktur adalah teks dokumen dan presentasi multimedia, data yang tidak mudah dikonversi menjadi informasi virtual.
EII juga dapat digunakan untuk menggabungkan data yang disimpan dalam format yang berbeda. Sebagai contoh, perusahaan mungkin memiliki informasi tentang topik dalam dokumen pengolah kata, spreadsheet, dan halaman Web. Denngan menggunakan EII, perusahaan dapat memiliki data yang disampaikan dari berbagai format yang menjadi sebuah laporan yang kohesif untuk mudah dilihat.
EII juga cocok untuk membuat laporan campuran langsung (live) dan data statis. Sebagai contoh, seorang perwira keuangan perusahaan mungkin ingin membuat laporan membandingkan aktiva dan pengeluaran tahun berjalan dari tahun-tahun sebelumnya. Data dari tahun-tahun sebelumnya mungkin disimpan dalam sebuah gudang data atau dalam beberapa format lain yang dirancang untuk melindungi data statis, sedangkan data tahun berjalan adalah mungkin disimpan dalam format mudah diakses pada server dinamis. Dengan menggunakan EII, petugas keuangan dapat menyusun data dari tahun berjalan, dan dari tahun-tahun sebelumnya untuk membuat laporan perbandingan komprehensif.

Sumber : http://agussale.com/apa-itu-enterprise-information-integration

0 komentar: