Kamis, 22 Maret 2012

Pertimbangan Dual Booting Windows 7

dual bootingTahukah Anda apa manfaat dari dual booting? Dual booting jika disederhanakan artinya dalam satu komputer Anda bisa menggunakan dua platform sistem operasi. Ini bisa jadi proses pembiasaan untuk Anda artinya karena windows 7 masih sangat baru dan asing bagi Anda maka pertimbangkanlah untuk tetap menggunakan windows XP sambil Anda belajar windows 7. Artinya tidak ada salahnya belajar cara membuat dual booting sistem operasi antara windows 7 dengan windows XP misalnya.
Ini adalah keputusan lain yang harus Anda lakukan sebelum Anda menginstal Windows 7, apakah Anda ingin dual boot atau tidak. Dalam penjelasan saya ini, kita menginstal Windows 7 ke PC yang sama yang berisi versi Windows yang lebih tua, tetapi kita ingin keduanya berdampingan. Dengan begitu, setiap kali Anda menghidupkan PC, Anda akan ditanyakan sistem operasi mana yang ingin Anda jalankan lihat Gambar dibawah;
dual boot
  1. Dual booting sangat berguna ketika Anda memiliki beberapa program atau gadget hardware yang bekerja dengan satu sistem operasi tetapi tidak untuk sistem operasi yang lain. Misalnya, jika Anda memiliki scanner dengan perangkat lunak yang berjalan pada Windows XP, tetapi tidak pada Windows 7, Anda bisa memulai di XP hanya bila Anda ingin menggunakan scan.
  2. Ini juga bisa Anda lakukan jika windows 7 masih sangat asing bagi Anda sementara saat ini Anda lebih familiar dengan windows Vista misalnya maka Anda harus membuat dual boot. Ini Anda lakukan sampai Anda benar-benar siap melepaskan versi windows terdahulu dan sepenuhnya menggunakan windows 7.
  3. Selain alasan hardware, mungkin ada program aplikasi Anda yang kompatibel dengan windows yang terdahulu namun tidak kompatibel dengan windows 7.
  4. Sewajarnya bahwa Windows XP diinstall lebih dahulu kemudian menyusul Windows 7.
Tetapi jika Anda berniat untuk membuat dual boot, ingatlah ini bahwa Anda tidak dapat menginstal kedua sistem operasi tersebut pada partisi hard drive yang sama. Jika ini Anda lakukan, program-program akan menjadi kacau balau. Sebaliknya, dua versi Windows ini Anda install terpisah. Solusinya ada tiga;
  • Beli harddisk kedua yang akan digunakan untuk menginstall salah satu dari dua sistem operasi.
  • Back up data dalam hard drive anda, hapus sama sekali drive dan kemudian buat dua partisi baru untuk menginstall masing-masing sistem operasi.
  • Jika Anda kurang mampu secara teknis untuk membuat partisi ini, Anda mungkin lebih memilih untuk membeli program seperti Partition-Magic (www.partitionmagic.com). Tidak hanya memungkinkan Anda membuat partisi baru pada hard drive Anda tanpa menghapus dulu, tapi juga fleksibel dan mudah.
Mungkin Anda punya pertimbangan lain untuk dual booting? Silakan sharing disini untuk membantu teman yang lain.

Sumber : http://agussale.com/pertimbangan-dual-booting-windows-7

0 komentar: