Jika Anda seorang gamer, itu semua tentang kualitas grafis. Kartu grafis terbaik menghasilkan kualitas gambar terbaik - penting jika Anda sedikit lebih tahu akan perkembangan kartu grafis ini. Bahkan jika aplikasi Anda sedikit lebih berat seperti program Autocad , 3d Max, dsb , hasil pekerjaan Anda akan sesuai dengan kualitas kartu grafis yang anda pakai. Perkembangan kartu grafis yang berkualitas tinggi telah memberikan banyak pengguna PC pilihan untuk upgrade kartu grafisnya dari dua pemasok paling populer telah ATI dan Nvidia. Tapi manakah yang lebih baik?
Nvidia - teknologi terdepan grafis
Nvidia mengguncang dunia tahun lalu dengan memperkenalkan SLI dimana menggabungkan dua kartu 3D dalam 1 pc . Tapi sebuah setup SLI membutuhkan upgrade motherboard, pasokan listrik tegangan tinggi dan dua kartu grafis SLI yang identik . Semua merupakan teknologi cukup tinggi, dan bukan untuk yang belum tahu. Untungnya, baik Nvidia dan ATI telah menyiapkan berbagai kartu grafis untuk memenuhi bujed kita, untuk semua tingkatan dan semua jenis kebutuhan.
Nvidia memiliki produk yang akan membuat Anda merasakan betapa hebatnya teknologi 3D melalui film atau game. ATI meskipun lebih lambat memasuki pasar Kartu grafis, namun ATI bekerja keras untuk menyamakan posisi mereka dalam pasar kartu grafis komputer. Jika Anda seorang gamer maka anda akan tahu akan persaingan ATI dan Nvidia dalam menciptakan kartu grafis yang mutakhir.
Bagi mereka yang sudah menggunakan OS Windows 7 dipaketkan dengan DirectX 11, ATI dan nVidia juga mengikutinya. ATI seri 5000 dan Nvidia seri 400 dengan DirectX 11 yang kompatibel dan memberikan gamer dengan kualitas grafis yang luar biasa, kecepatan frame cepat dan kemampuan multi-gaming pada layar sangat kartu terbaru.
Kartu Grafis Kelas Menengah
Bagi mereka pada anggaran terbatas namun yang masih ingin meng-upgrade kemampuan grafis mereka, maka kedua pemasok memiliki sejumlah besar kartu grafis yang melakukan bisnis. Baik ATI dan nVidia mempunyai kartu yang cukup murah, memberikan kecepatan frame cepat, grafis 3D dan kualitas gambar yang sangat baik.
Perbandingan yang mendasar
Dua saingan memiliki satu kesamaan - mereka sama-sama tahu bahwa pasar mereka bukan hanya terdiri dari gamer hardcore bersedia untuk menghabiskan uang mereka atas pada kartu grafis. Masalahnya adalah dengan kartu low-end tidak akan memiliki kecepatan frame atau gambar kualitas untuk memainkan game terbaru, dan seluruh pengalaman untuk multimedia akan kurang.
Namun, jika PC Anda menggunakan chip grafis terintegrasi dan selama Anda tidak mencoba menjalankan terlalu banyak aplikasi sekaligus, kartu grafis dengan harga rendah sudah mampu mengatasi dengan jumlah yang wajar permintaan prosesor tanpa sepenuhnya pixelating gambar Anda.
Baik ATI dan Nvidia masing-masing memiliki poin plus , khususnya produk high end mereka. Tapi, saat pertama kali kami bertanya , manakah yang lebih baik? Nah, jawaban saya mereka berdua sama baiknya dan tentunya semua tergantung pada kebutuhan Anda, OS Anda dan seberapa besar bujet Anda. Aturan standar untuk kartu grafis berlaku - semakin tinggi Anda membayar, semakin baik hasilnya. Dan dengan teknologi sekarang produsen game sudah lebih menambahkan fitur 3D, mungkin sudah waktunya untuk berpikir menambahkan bujet pada paket kartu grafis anda.
Memory bus , Video memory
Apa itu Memory Bus (Bit), Video Memory (Mb), Bandwith (GB/s), dan Kecepatan (DDR)?
Apakah lebar pita data/bit , masih banyak yang masih salah mengerti.
Nah simpelnya, Bit dan jenis memory (DDR) itu untuk menentukan bandwith data memory vga. Bandwith menentukan kecepatan transfer data dari memory untuk proses dengan core. Bandwith dapat dicek dengan GPU-z (berapa GB/s). Untuk pernah menggunakannya tetapi masih bingung kenapa bisa mendapatkan hasilnya, perhitungannya adalah besar bit dibagi 8 dikali kecepatan DDR.
Misalnya : 9800gtx .memory bandwithnya 256/8 x 2200(ddr3)= 70,4GB/s
Memory Bus (Bit): Ibaratnya pipa ledeng. kalau mau dapet air banyak, pipa dibuat lebih lebar. Sehingga membuat ukuran Vga semakin besar dan melebar. Coba kita bandingkan ukuran vga 64,128,256,n 512bit.
DDR itu data rate per pin, ibaratnya dibandingkan dengan membuat pipanya lebih besar, lebih baik ujung kerannya yang dibesarkan /di full in (arus yang keluar lebih cepat dan kencang). sehingga, umumnya kalo teknologi jenis memory vga(DDR)udah mencapai batasnya,baru bitnya dibikin lebar/ vganya sehingga vga menjadi lebih besar.
GPU / VGA sangat menyukai bandwith yang besar. Makin besar bandwith, makin cepet data2 raw seperti texture, shader ,engine fisik dsb yg disampaikan di core setiap detiknya. Selanjutnya corenya yang ngerender/menterjemahkannya jadi gambar.klo ukuran memory mempengaruhi ke jumlah data yang bisa disimpen VGA, biar tidak sering mengakses hardisk dan RAMnya pada komputer.Jika sudah kekurangan memory (akibatnya make texture ultra high atau res yang tinggi atau make AA berlebihan), VGA akan sibuk loading data dari hardisk dan RAM komputer dan membuat FPS menjadi drop drastis + macrostuttering(ngeLAG) akibat ada jeda buat input data dari hardisk ke memory vga, dengan jeda dari memory vga yang bukan onboard (RAM komputer yang dishare) ke corenya vga.
Bisa dianalogikan seperti mobil. Torsinya bisa dibilang bandwith, Horse Powernya bisa dibilang si corenya. Tapi tidak cuma sekedar core clock. Soalnya core GPU juga terdiri dari ROPs, SPU (klo dulu istilahnya pixelshader&vertexshader),&texturing unit.clocknya rendah tapi klo yg 3tadi gede ya tetep aja kuat.
Contoh,coba aja adu 9800gtx didownclock500MHz sama 9600gt 650MHz.sama2 256 bit,sama2 ddr3 tapi beda jumlah ROPs,SPU n Texturing Unit, tapi 9800gtx bisa lebih kuat.
Tapi kalo bandwith dibilang ngaruh di resolusi tinggi bisa dibilang keliru.soalnya seperti yg saya bilang diatas,yg lebih bertanggung jawab untuk resolusi,texture ama pemakaian AA adalah ukuran memory. Sedangkan bandwith mempengaruhi pada resolusi rendah.Jika andwithnya besar,pasti VGAnya akan "scaling well" dari res kecil ke gede.tapi klo bandwithnya kecil,vga akan kekurangan tenaga di res rendah.itulah yang disebut dengan bottleneck gini deh, Sudah tau core i7 kan? karena bandwith memory yg dipake besar(ddr3) n bitnya juga besar(1366pin) kemampuannya ngehandel triple SLI jadi meningkat drastis dibandingin Quad core yg pake DDRII dgn 775 pin. corei7 juga menghilangkan bottleneck quadcore pada resolusi rendah.
Hierarki Kartu Grafik (VGA card)
Hierarki Kartu Grafik (VGA card) | ||
---|---|---|
GeForce | Radeon | Intel |
HD 5970 | ||
GTX 295, GTX 480 | HD 4870 X2 | |
HD 4850 X2, HD 5870 | ||
GTX 280, GTX 285, GTX 470 | HD 5850 | |
9800 GX2, GTX 260, GTX 275, GTX 465 | HD 4870, HD 4890, HD 5770, HD 5830 Mobile: HD 5870 | |
8800 Ultra, 9800 GTX, 9800 GTX+, GTS 250 | HD 3870 X2, HD 4850, HD 5750 Mobile: HD 4850, HD 5850 | |
8800 GTX, 8800 GTS 512 MB Go (mobile): GTX 280M, GTX 285M | HD 4770 Mobile: HD 4860 | |
8800 GT 512 MB, 9800 GT Go (mobile): 9800M GTX, GTX 260M (112), GTS 360M (GDDR5) | HD 4830, HD 5670 Mobile: HD 5770, HD 5750 | |
8800 GTS 640 MB, 9600 GT, GT 240 (GDDR5) Go (mobile): 9800M GTS, GTX 160M | HD 2900 XT, HD 3870, HD 5570 (GDDR5) | |
8800 GS, 9600 GSO, GT 240 (DDR3) Go (mobile): GTX 260M (96), GTS 150M, GTS 360M (DDR3) | HD 3850 512 MB, HD 4670, HD 5570 (DDR3) Mobile: HD 3870, HD 5730, HD 5650 | |
8800 GT 256 MB, 8800 GTS 320 MB, GT 220 Go (mobile): 8800M | HD 2900 PRO, HD 3850 256 MB, 5550 (GDDR5) Mobile: HD 3850 | |
7950 GX2 | X1950 XTX, HD 4650 (DDR3) | |
7800 GTX 512, 7900 GTO, 7900 GTX | X1900 XT, X1950 XT, X1900 XTX | |
7800 GTX, 7900 GT, 7950 GT | X1800 XT, X1900 AIW, X1900 GT, X1950 PRO, HD 2900 GT | |
7800 GT, 7900 GS, 8600 GTS, 9500 GT (GDDR3) Go (mobile): 7950 GTX | X1800 XL, X1950 GT, HD 4650 (DDR2), HD 5550 (DDR3) Mobile X1800 XT, HD 4650, HD 5165 | |
6800 Ultra, 7600 GT, 7800 GS, 8600 GT (GDDR3), 9500 GT (DDR2) Go (mobile): 7800 GTX, 7900 GTX | X800 XT (& PE), X850 XT (& PE), X1650 XT, X1800 GTO, HD 2600 XT, HD 3650 (DDR3), HD 3670, HD 5550 (DDR2) Mobile: X1900, 3670 | |
6800 GT, 6800 GS (PCIe), 8600 GT (DDR2) Go (mobile): 7800, Go 7900 GS | X800 XL, X800 GTO2/GTO16, HD 2600 PRO, HD 3650 (DDR2), Mobile: X800 XT, HD 2600 XT, 3650 | |
6800 GS (AGP) Go (mobile): 6800 Ultra, 7600 GT, 8600M GT, 8700M GT | X800 GTO 256 MB, X800 PRO, X850 PRO, X1650 GT Mobile: HD 2600 | |
6800, 7300 GT GDDR3, 7600 GS, 8600M GS Go (mobile): 6800, 7700 | X800, X800 GTO 128 MB, X1600 XT, X1650 PRO Mobile: X1800, HD 5145, HD 5470 (GDDR5), HD 5450, | |
6600 GT, 6800LE, 6800 XT, 7300 GT (DDR2), 8500 GT, 9400 GT Go (mobile): 7600 (128-bit) | 9800 XT, X700 PRO, X800 GT, X800 SE, X1300 XT, X1600 PRO, HD 2400 XT, HD 4350, HD 4550, HD 5550 Mobile: X800, 3470, HD 5470 (DDR3), HD 5430 Integrated: HD 3300 | |
FX 5900, FX 5900 Ultra, FX 5950 Ultra, 6600 (128-bit) Go (mobile): 6800 (128-bit) Integrated: 9300, 9400 | 9700, 9700 PRO, 9800, 9800 PRO, X700, X1300 PRO, X1550, HD 2400 PRO Mobile: X1450, X1600, X1700, 2400 XT, X2500, 3450 Integrated: HD 3200, HD 4200 | |
FX 5800 Ultra, FX 5900 XT Go (mobile): 6600, Go 7600 (64-bit) | 9500 PRO, 9600 XT, 9800 PRO (128-bit), X600 XT, X1050 (128-bit) Mobile: 9800, X700, X1350, X1400, X2300, HD 2400 | |
4 Ti 4600, 4 Ti 4800, FX 5700 Ultra, 6200, 8300, 8400 G, G 210, G 310 | 9600 PRO, 9800 LE, X600 PRO, HD 2300 Mobile: 9700 (128-bit), X600, X1300 Integrated: Xpress 1250 | |
4 Ti4200, 4 Ti4400, 4 Ti4800 SE, FX 5600 Ultra, FX 5700, 6600 (64-bit), 7300 GS, 8400M GS, 9300M G, 9300M GS | 9500, 9550, 9600, X300, X1050 (64-bit) Mobile: 9600 | |
3 Ti500, FX 5200 Ultra, FX 5600, FX 5700 LE, 6200 TC, 6600 LE, 7200 GS, 7300 LE Go (mobile): 5700, 8200M, 9200M GS, 9100 Integrated: 8200, 8300 | 8500, 9100, 9000 PRO, 9600 LE, X300 SE, X1150 Mobile 9700 (64-bit) | GMA X4500 |
3, 3 Ti200, FX 5200 (128-bit), FX 5500, Go (mobile): 5600, 6200, 6400, 7200, 7300, 7400 (64-bit) | 9000, 9200, 9250 Mobile: 9600 (64-bit), X300 | |
FX 5200 (64 bit) Go (mobile): 7200, 7400 (32-bit) Integrated: 6100, 6150 | 9200 SE Integrated: Xpress 200M, Xpress 1000, Xpress 1150 | GMA X3000, X3100, X3500 |
2 GTS, 4 MX 440, 2 Ultra, 2 Ti, 2 Ti 200 | 7500 | GMA 3000, 3100 |
256, 2 MX 200, 4 MX 420, 2 MX 400 | SDR, LE, DDR, 7000, 7200 | GMA 500, 900, 950 |
Nvidia TNT | Rage 128 | Intel 740 |
0 komentar:
Posting Komentar